logo


Berkunjung ke Amerika Serikat, Menteri Jonan Paparkan Keberhasilan Indonesia Lakukan Transisi Energi

Simak ulasan selengkapnya

23 September 2019 19:49 WIB

ignasius jonan
ignasius jonan esdm.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan menjadi salah satu pembicara dalam acara Energy Action Forum "Accelerating the Energy Transition on the Road to 2020 and Beyond" yang dihelat di New York, Minggu (22/9).

Dalam forum ini, Menteri Jonan menyampaikan bahwa keberhasilan Indonesia dalam melakukan transisi energi fosil ke energi yang ramah lingkungan adalah dengan melalui beberapa langkah Strategis.

Pertama adalah menekankan kepada kemudahan akses energi dan keterjangkauan masyarakat dalam mendapatkan energi. Hal ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals /SDG) 7, yaitu memastikan akses ke energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern. Untuk itu, Indonesia sangat berkomitmen untuk memperhatikan aksesibilitas dan keterjangkauan sebagai semangat dalam proses transisi energi.


Arnold Schwarzenegger Bangun PLTS Nias Utara

"Menyediakan energi dengan harga terjangkau adalah kunci transisi yang sukses. Kami juga memastikan tidak ada seorangpun yang tertinggal. Transisi energi harus sejalan dengan dua aspek ini," ungkapnya di depan para pemangku kepentingan utama dalam transisi energi.

Jonan menjelaskan, meskipun sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia saat ini telah mencapai rasio elektrifikasi 98,81%. "Target kami adalah untuk mencapai rasio elektrifikasi 99% pada akhir 2019, dan lebih jauh lagi, pada 2020, kami berharap dapat menyediakan listrik untuk semua rumah tangga di seluruh negeri dengan cara yang terjangkau," tegas Jonan.

Kedua, lanjut Jonan adalah komitmen untuk mempercepat pengembangan energi terbarukan dan meningkatkan porsinya dalam bauran energi nasional. Sementara yang ketiga adalah pemanfaatan kemajuan teknologi untuk memperluas akses energi, namun tetap mempertahankan keterjangkauan dan mengakomodasi energi terbarukan ke dalam sistem.

Pemerintah Puas Selesaikan Renegosiasi 107 KK Pertambangan

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma