logo


Redakan Nyeri Sendi Kamu dengan Rutin Konsumsi Makanan Ini

Sangat baik dikonsumsi bagi penderita nyeri sendi

23 September 2019 11:06 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 2923 x

Bagi kamu yang aktif beraktifitas fisik, tentunya sangatlah mengandalkan pergerakan pada sendi-sendi kamu. Sakit yang kuat di persendian akan membuat tubuh tak nyaman, sedikit masalah kepada sendi tentunya akan sangat mengganggu aktifitas keseharian kamu.

Rasa sakit di tulang persendian bisa berupa nyeri yang kuat, panas seperti terbakar atau sakit yang tahan lama. Penyebabnya bisa berbagai hal seperti kelelahan atau faktor usia. Rasa sakit di persendian biasanya diatasi dengan minum obat peredam rasa sakit.

Untuk kamu yang terlalu khawatir untuk mengkonsumsi obat-obatan, tak perlu risau lagi karena terdapat banyak sekali pilihan-pilhan makanan yang dapat menyokong kesehatan sendi Kamu agar dapat melakukan kembali aktifitas rutin tanpa takut terganggu dengan nyeri sendi. Apa sajakah makanan-makanan tersebut? Simak rangkuman dibawah ini.


Waspada! Ini Bahaya Paparan Layar Ponsel Terhadap Kesehatan Kita

1. Bayam

ilustrasi

Sayuran yang satu ini telah terbukti mampu meredakan peradangan dan rasa sakit, dikarenakan kaya dengan antioksidan. Kandungan yang ada dalam bayampun dapat memperlambat proses osteoarthristis. Kamu bisa mengolah bayam menjadi beragam hidangan mulai dari salad, sayur, smoothie dan juga hidangan lezat lainnya.

2. Ikan

Ikan yang mengandung lemak baik dan minyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3 sangat baik bagi kesehatan. Dapat dengan cepat mengurangi rasa nyeri pada sendi dan melawan peradangan. Tambahan vitamin D yang terkandung dalam ikan dan minyaknya juga akan mengurangi gejala radang sendi dan penyakit sejenisnya.

3.  Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan terutama kacang jenis walnut, pistachio, dan almond yang mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, magnesium, vitamin E, protein, dan alfa-linolenat sangat baik dikonsumsi bagi penderita nyeri sendi, Nutrisi ini akan meningkatkan sistem imun tubuh dan mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan tulang dan sendi.

4.  Brokoli       

ilustrasi

Brokoli mengandung sulforaphane. Selain tekstur renyah yang akan menambah kelezatan salad atau tumisan, brokoli juga membantu dalam meredakan nyeri sendi dan berkontribusi dalam penurunan gejala radang sendi.

5. Sitrus     

Buah-buahan yang mengandung sitrus sepertii jeruk dan grapefruit mengandung kadar vitamin C yang tinggi sehingga mampu mencegah terjadinya inflamasi dan nyeri sendi. Tambahkan air jeruk pada smoothie atau dimakan secara langsung akan sangat membantu atasi nyeri sendi.

6.  Gandum utuh

Penderita nyeri sendi harus menghindari makanan dengan gandum putih. Sementara, makanan yang terbuat dari gandum utuh sangat baik untuk dikonsumsi. Makanan ini meliputi pasta, oatmeal, broen rice, dan sereal, karena kandungannya terbukti dapat menurunkan kadar protein C-reaktif di dalam darah. Protein inilah yang berkaitan dengan beragam penyakit termasuk radang sendi.

7.  Bawang putih

ilustrasi

Selain mengandung antioksidan dan mampu menurunkan tekanan darah, bawang putih juga mengandung zat antiradang yang kuat dan dapat membantu mengurangi risiko osteoarthritis dan mengurangi rasa sakitnya.

8. Kacang merah  

Kacang merah memiliki kandungan serat serta dapat menurunkan kadar protein C-reaktif seperti gandum utuh. Keuntungan lain yang dapat diperoleh dari kacang merah adalah kandungan protein, asam folat, seng, magnesium, dan potasium yang dapat meningkatkan kinerja sistem imun tubuh.

Berikut tadi adalah sedikit rangkuman dari beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi masalah nyeri sendi kamu. bagaimana pendapatmu?

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Sekarang Memonitor dan Memanajemen Kesehatan Lebih Mudah dengan Bantuan IoT

Halaman: 
Admin : Vicky Anggriawan