logo


Seberapa Parah Kebocoran Data Lion Air Grup, Sampai Bikin Kominfo Turun Tangan?

Kebocoran data penumpang Lion Air Group diduga ada oknum yang melakukan hacking.

22 September 2019 09:00 WIB

Pesawat Lion Air.
Pesawat Lion Air. dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Warganet telah dibuat heboh dengan kabar bocornya data yang sangat besar dari maskapai penerbangan di Group Lion Air. Tak main-main, puluhan juta rekam data penumpang dari maskapai di bawah Lion Air Group disinyalir bocor dan beredar di forum pertukaran data selama setidaknya stau bulan terakhir.

Hal ini dikhawatirkan data penumpang bisa dipakai oleh oknum untuk keperluan negatif. Menurut situs Bleepingcomputer.com, info tersebut tersimpan dalam di bucket Amazon.

Baca juga: Penjualan Trio iPhone 11 di Tiongkok Malah Loyo


Pakai Chipset Kirin 990, Huawei Mate 30 Masih Kalah Lawan Smartphone Gaming

Data-data yang bocor tersebut meliputi :

- nama penumpang dan nomor reservasi,
- alamat,
- nomor telepon,
- alamat email,
- tanggal lahir,
- nomor handphone,
- nomor paspor
- tanggal kadaluarsa paspor.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menegaskan kesiapan membantu penyelesaian masalah kebocoran data penumpang yang dialami Lion Air Group.

Kementerian Kominfo bakal melakukan investigasi ihwal kasus tersebut, seperti ditegaskan pihak Kominfo di setus resminya.

"Kemungkinan itu bisa dilakukan, kita akan koordinasi sama negara tetangga (Malaysia) dan di Asean, kalau memang dibutuhkan investigasi dari kami, bisa bantu dari sini juga," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dilansir dari Nextren.

Penjualan Trio iPhone 11 di Tiongkok Malah Loyo

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu