logo


Hotman Paris Ikut Panaskan Isu RKUHP, Beri Saran ke Jokowi dan DPR

Hotman Paris lewat akun Instagram pribadinya menyuarakan pendapat soal polemik RKUHP.

22 September 2019 08:00 WIB

Pengacara Hotman Paris Hutapea.
Pengacara Hotman Paris Hutapea. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rancangan Undang-Undang KUHP yang segera disahkan DPR RI, turut menyita perhatian publik, tak terkecuali pengacara kondang Hotman Paris Hutapea.

Dalam unggahan jejaring Instagram pribadinya @hotmanparisofficial, Sabtu (21/9), ia mengunggah dua video yang berisi sebuah saran bagi Presiden Joko Widodo dan para anggota DPR untuk menunda pengesahan RKUHP.

Menurutnya suatu produk hukum yang baik harus melibatkan praktisi hukum maupun lawyer yang sudah berpengalaman dengan jam terbang tinggi.


Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental Resmi Ditutup

Ia berpendapat bahwa jam terbang tinggi dari lawyer akan menghasilkan produk yang bagus dan apabila terburu-buru mengesahkan RKUHP, akan menimbulkan polemik di kemudian hari.

"RKUHP mengandung filosofi hukum yang sangat dalam, berbeda dengan peraturan perundang-undangan lain. Jadi sangat tidak mungkin suatu kitab undang-undang hukum pidana diciptakan oleh para wakil rakyat kita di DPR yang tidak punya background praktik hukum. Yakinlah kalau RKUHP diterapkan akan menimbulkan konflik sosial yang sangat dalam dan menjadi perdebatan, " ucap Hotman Paris di salah satu unggahan videonya.

Bukan hanya itu, menurutnya, jika RKUHP benar disahkan maka akan menimbulkan polemik baru. Yakni soal urusan perzinaan.

"Dengan rancangan tindak Undang-Undang Hukum Pidana yang baru, sepertinya orang yang nikah pun atau dua-duanya single, bisa digolongkan sebagai perzinaan," ujarnya.

"Duda sama janda, dua-duanya single bisa digolongkan sebagai perzinaan kalau orang tuanya atau anaknya mengadukan," sambungnya.

Menurutnya, dengan pengesahan RKUHP kelak, akan menimbulkan persoalan baru mengenai perkawinan siri.

Anang Hermansyah Jual Rumah Mewah, Begini Reaksi Sang Mantan Istri

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu