logo


Gunakan Nama Asli Jadi Brand Usaha, 5 Orang ini Tuai Kesuksesan!

Siapa saja mereka yang sukses menggunakan nama aslinya untuk membangun usaha?

21 September 2019 14:00 WIB

Johnny Andrean Merry Riana
Johnny Andrean Merry Riana
dibaca 14118 x

Tidak dipungkiri, sebuah nama merupakan salah satu hal penting ketika seseorang ingin memulai sebuah bisnis. Banyak yang mengira, bahwa nama brand yang ke barat-baratan atau yang unik bisa menjadi faktor pemicu daya tarik konsumen .

Namun berbeda loh dengan 5 orang ini! Meskipun bukanlah seorang artis kenamaan yang namanya bisa mudah dikenal oleh publik. Namun mereka tetap gigih membangun usaha menggunakan nama aslinya hingga menjadi sukses seperti saat ini.

Jadi penasaran, siapa saja mereka yang sukses menggunakan nama aslinya untuk membangun usaha? Berikut ulasannya:


Kuasai Lahan Ibu Kota Baru, Siapakah Sukanto Tanoto?

1. Ciputra Mall


Siapa yang belum pernah berkunjung ke Ciputra Mall? Sebuah pusat perbelanjaan di bilangan Grogol Jakarta Barat ini sudah ada sejak tahun 1993 silam. Dengan menggandeng namanya, pengusaha yang lebih dikenal dengan bapak property ini juga sukses membangun usahanya di beberapa wilayah di Indonesia bahkan hingga ke Luar Negeri.

Ciputra Mall merupakan Mall pertama yang dibangun oleh Ciputra. Meskipun sebelumnya Ciputra lebih fokus terhadap tempat hunian. Namun, dengan keberhasilannya membangun Ciputra Mall di pusat kota Jakarta. Menjadi sebuah acuan untuk mendirikan mal-mal Ciputra lainnya di berbagai daerah dan bahkan ditahun ini saja, Ciputra Mal berekspansi membangun Mal terbesar di daerah Citra Raya, Tangerang Barat.

2. Jhonny Andrean Salon

Jika mendengar nama Jhonny Andrean pastinya akan lebih diingat dengan tempat kecantikan atau pun salon yang selalu eksis diberbagai macam sudut perbelanjaan. Namun siapa yang menyangka, kesuksesan salon yang dibangun Jhonny Andrean pada tahun 1980-an ini berawal dari sebuah salon kecil di pelosok Jakarta Utara.

Membangun usaha salon pada zaman 80-an masih terbilang sangat sulit pada saat itu. Namun, karena bakat yang ia miliki dari sang ibu. Jhonny pun tetap konsisten untuk membangun usaha salonnya hingga kini berkembang dengan sangat pesat.

3. Yongki Komaladi

Jika mendengar Yongki Komaladi pastinya akan teringat sebuah produk sepatu dan sandal eksklusif yang terjajar di pusat perbelanjaan mewah. Kesuksesan brand Yongki Komaladi ini, bermula dari keluhan sang atasan atas penjualan sepatu yang semakin menurun. Dari keluhan-keluhan inilah, Yongki mencoba keberuntungannya dalam mendesain sepatu.

Akhirnya, dari hanya mencoba-coba, Yongki pun semakin didorong oleh teman-temannya untuk fokus membuat sepatu. Maka ditahun 1992, Yongki pun nekat mengkibarkan nama brand-nya untuk membuka usaha dalam bidang sepatu yang ia buat hingga kini menjadi salah satu brand ternama di Indonesia.

4. Gerai Kosmetik Martha Tilaar

Produk Martha Tilaar sudah menjadi label sebuah produk kosmetik yang wajib dikenakan oleh masyarakat Indonesia, yah! Berbagai macam produk dengan nama Martha Tilaar seperti Sariayu Martha Tilaar, PAC Martha Tilaar, Biokos Martha Tilaar, Belia Martha Tilaar dan masih banyak lainnya bisa ditemukan di gerai kosmetik Martha Tilaar.

Martha pun memulai usahanya dengan membangun sebuah salon kecil di garasi sang ayah. Berawal dari uang satu juta rupiah itulah, Martha Salon didirikan hingga ia pun terus mengembangkan usahanya dalam produk kecantikan dengan brand Sari Ayu Martha Tilaar pada tahun 1972-an.

5. Merry Riana Learning Centre

Merry Riana Learning Centre didirikan oleh Miss Merry Riana (Entrepreneur, Influencer, & Educator) ketika kembali ke Indonesia pada tahun 2014 silam. Keinginan Ms Merry Riana yang bergerak dalam dunia edukasi dan inspirasi inilah yang menjadi awal mula lahirnya ide untuk membuat sebuah program untuk anak-anak remaja usia 8 sampai 19 tahun.

Program liburan anak (Merry Riana Life Academy) ini dimentori secara langsung oleh Ms Merry selama 6 hari 5 malam. Acara ini pun mendapatkan antusias dan juga respon yang sangat positif. Pasalnya, banyak permintaan untuk membuat program sejenis secara regular yang bisa diikuti setiap minggunya.

Akhirnya Ms Merry pun membuka program regular yang bernama Merry Riana Learning Centre dengan 3 school yaitu School Of Public Speaking, School of Smart Learning dan School of Life and Success.

Kini, Merry Riana Learning Centre pun terbilang berkembang dengan sangat pesat. Hal ini bisa dilihat dengan perluasan cabang di berbagai daerah Jabodetabek setiap tahunnya. Sebut saja Puri Indah (2014), BSD (2015), Kelapa Gading (2016), Permata Hijau (2017), Palem (2018) dan cabang ke-6 Banjar Wijaya sudah beroperasi di awal September ini.

Bahkan dengar-dengar Merry Riana Learning Centre akan mulai melebarkan sayapnya hingga luar kota. Wah, penasaran yah dimana tempat pertama di luar Jabodetabek yang akan didirikan Merry Riana Learning Centre?

Ditulis oleh: Clara Neysa

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

RUU Pemasyarakatan Perbolehkan Napi Jalan-jalan ke Mal

Halaman: 
Admin : Kesdik Bayu