logo


Soal Pameran Dunia, Pemerintah Lebih Plih Gesits Ketimbang Esemka

Motor listrik ini akan mengikuti pameran teknologi industri manufaktur terbesar di dunia bertajuk Hannover Messe 2020.

20 September 2019 21:47 WIB

Garansindo Electrical Scuter ITS (Gesits)
Garansindo Electrical Scuter ITS (Gesits) google

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah tidak akan membawa mobil pikap Esemka yang merupakan salah satu produk buatan asli Indonesia ke pameran teknologi industri manufaktur terbesar di dunia bertajuk Hannover Messe 2020. Namun, pemerintah akan membawa Gesits, sepeda motor listrik hasil kerja sama Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Hal ini diungkapkan langsung oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto usai rapat koordinasi mengenai persiapan Indonesia dalam mengikuti pameran yang akan dihadiri oleh 6.500 peserta dari 73 negara itu. Menurutnya, pemerintah tidak membawa Esemka karena belum siap dari sisi produksi.

"Kita lihat beberapa teknologi berbasis listrik, seperti Gesits akan kita bawa, kemudian teknologi baterainya, kerjasama dengan Panasonic," kata Airlangga dilansir dari CNBC Indonesia, Jumat (20/9).


5 Tahun Berturut-turut, Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E, Begini Reaksi Anies

Sebagaimana diketahui, investasi di sektor manufaktur membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jerman menjadi salah satu negara yang meminpin di sektor teknologi. Jerman juga terus membagikan ilmu dan penelitian kepada negara lain terkait industri 4.0 yang merupakan next generation dari industri manufaktur.

"Acara ini memiliki peluang yang sangat besar untuk melahirkan sinergi baru dan memungkinkan kami bekerja sama dalam hal transfer teknologi dan berbagi pengetahuan," Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Peter Schoof dalam wawancara di Closing Bell, CNBC Indonesia, Kamis (18/4).

Pengoperasian SIBINA Tunggu Instruksi Tiga Menteri

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu