logo


Pengoperasian SIBINA Tunggu Instruksi Tiga Menteri

Sistem basis data IMEI ini akan segera diberlakukan.

20 September 2019 21:30 WIB

IMEI Smartphone
IMEI Smartphone Blog Alfacart

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Sistem Informasi Basis Data IMEI Nasional (SIBINA) dipastikan siap pakai. Namun, pengoperasian SIBINA masih harus menunggu peraturan tiga kementerian, yakni Kemkominfo, Kemendag, dan Kemenperin.

"SIBINA sudah on dan sudah siap digunakan. Tinggal menunggu teknis regulasi," kata R. Janu Suryanto, Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian di Jakarta, dilansir dari Liputan6.com, Jumat (20/9).

Janu mengklaim sistem keamanan SIBINA karena sistem ini tidak mengambil data individu.


Daftar Perangkat yang Dapat Jatah iOS 13, Cek Punyamu!

"Masyarakat tidak perlu khawatir terhadap keamanan SIBINA. Pasalnya, sistem ini sama sekali tidak bisa memiliki data individu, hanya data ponsel yang masuk melalui Tanda Pendaftaran Produk (TPP) baik IMEI ponsel, komputer, tablet, dan atau ponsel handheld," kata Janu.

Janu menegaskan bahwa data pemilik ponsel ada di operator dan SIBINA tidak memiliki akses atas data tersebut. Oleh karena itu, ia berani menjamin keamanan SIBINA.

Cara kerja SIBINA akan menampung basis data IMEI dari perangkat. SIBINA akan melakukan pairing atau pencocokan data IMEI milik Kemenperin dengan data IMEI dari operator.

Selanjutnya, dari data yang dipasangkan tersebut, akan teridentifikasi daftar IMEI yang perlu diberi notifikasi, apakah termasuk ke dalam black list atau white list.

Waduh, Huawei Mate 30 Hadir Tanpa Dukungan Aplikasi Google

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu