logo


Waduh, Huawei Mate 30 Hadir Tanpa Dukungan Aplikasi Google

Apakah hal ini akan menurunkan minat pengguna untuk membeli ponsel flagship ini?

20 September 2019 16:49 WIB

Huawei Mate 30 Pro
Huawei Mate 30 Pro Phone Arena

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ponsel papan atas Huawei, yakni Mate 30 Series telah diperkenalkan di Jerman. Di saat yang sama, CEO Huawei Consumer Product, Richard Yu menyatakan bahwa pihaknya tidak dapat menggunakan Google Mobile Services (GMS). Kendati begitu, smartphone terbaru Huawei ini akan menggunakan Huawei Mobile Services (HMS).

Sebagaimana diketahui, Huawei saat ini masuk masuk dalam Entity List Amerika Serikat. Karena itu, perusahaan asal Tiongkok ini tidak diizinkan menjalin kerjasama bisnis dengan perusahaan asal Amerika Serikat, termasuk Google.

"Kami tidak bisa menggunakan Google Mobile Services, kamu bisa memakai Huawei Mobile Services (HMS). Hari ini karena pelarangan Amerika Serikat, smartphone ini tidak hadir dengan aplikasi GMS, hal ini membuat kami menjalankan Huawei app gallery di Mate 30 Series." ujar Richard Yu dilansir dari Tek.id.


Sebelum Update, Ketahui Dulu Serba-serbi dari iOS 13

Google Play Store merupakan layanan penting bagi smartphone Android untuk bisa mendapatkan dukungan aplikasi di luar Tiongkok. Bukan hal mudah bagi Huawei untuk melakukan penetrasi, khususnya di pasar luar Tiongkok tanpa adanya dukungan dari layanan Google tersebut, sebagaimana dilansir dari TheVerge (20/9).

Yu sendiri menyatakan ada lebih dari 45.000 aplikasi yang sudah terintegrasi dengan Huawei Mobile Services. Kabarnya masih ada ribuan aplikasi lagi yang akan tersedia. Yu juga mengajak para pengembang aplikasi untuk menggunakan Essential Kit untuk membuat aplikasi yang terintegrasi dengan HMS.

Daftar Perangkat yang Dapat Jatah iOS 13, Cek Punyamu!

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu