logo


Karhutla: World Wildlife Fund Menduga Ada Cukong yang Danai Pembakaran Lahan

Berikut ulasannya

20 September 2019 15:17 WIB

Karhutla
Karhutla Doc Puspen TNI

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sedang melanda di sejumlah wilayah Indonesia, salah satunya Kalimantan. World Wildlife Fund (WWF) Indonesia turut berkomentar terkait kebakaran dalam skala besar tersebut. WWF menduga kebakaran itu terjadi akibat ulah manusia.

Berdasarkan pendapat dari Direktur Policy & Advocacy WWF-Indonesia, Aditya Bayunanda, kebakaran itu dilakukan secara sengaja dengan motif untuk menguasai lahan.

Menurutnya, ada para pemilik modal atau cukong yang mendanai pembakaran lahan oleh masyarakat. Namun, ia tak mengungkapkan apakah cukong yang dimaksud adalah perorangan, sekelompok orang yang terorganisir, atau justru korporasi. Hanya saja, pihak yang mengambil manfaat dari lahan setelah terbakar merupakan suatu petunjuk utama.


Imam Nahrawi Mundur dari Menpora, Ini Kata Jokowi

“Dari lahan yang terbakar dalam kurun waktu tertentu biasanya akan berubah menjadi kebun. Dari situlah bisa dikira-kira bahwa dialah yang memodali pembakaran itu. Bisa oknum pribadi atau korporasi,” jelas Sarjana Kehutanan dari Universitas Gadjah Mada itu, Dilansir dari Detik, (20/09).

Ia juga menambahkan jika ada pelakunya berasal dari masyarakat yang membakar lahan hingga mencapai puluhan hektare, perlu dicurigai ada cukong di belakangnya.

Soal Pemotongan Kabel Optik, Pemprov DKI Kena Semprot YLKI

Halaman: 
Penulis : Iskandar