logo


Bakamla RI Berhasil Amankan Kapal Pengangkut Solar Hasil Oplosan

Simak berita selengkapnya

20 September 2019 10:21 WIB

Bakamla RI mengamkana kapal berisi solar hasil oplosan di perairan Sungai Musi, Palembang
Bakamla RI mengamkana kapal berisi solar hasil oplosan di perairan Sungai Musi, Palembang ist

PALEMBANG, JITUNEWS.COM - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI mengamankan kapal Self Propeller Oil Barge (SPOB) yang diduga bermuatan solar (HSD) hasil oplosan tanpa dilengkapi dokumen kapal yang sesuai di perairan Musi, Palembang,  Kamis (19/9/19).

Kapal SPOB dengan inisial (RS) berhasil diamankan KN Belut Laut 406 saat melaksanakan Operasi KAMLA-VI di perairan Musi Palembang dengan menggunakan Sea Rider yang pada saat itu pukul 16.00 WIB diposisi 02°59'000"S - 104°46'470"T.

Baca Juga: Setia, Syarat Utama Jadi Menteri Jokowi, NasDem: Masa Pembantu Presiden, Gak Setia


Pengawak SPKKL Bakamla Karangasem Cari Nelayan Hilang di Perairan Seraya

Dukung Hasil Revisi UU KPK, Aliansi Rakyat Lawan Korupsi: Akan Memperkuat KPK ke Depan

Bakamla mendeteksi sebuah kapal yang sedang berlayar. Kemudian Sea Rider melaksanakan  pengejaran terhadap kapal SPOB tersebut dan pukul 16.30 WIB posisi 02°59'000"S - 104°46'470"T Sea Rider melaksanakan pemeriksaan, dari hasil pemeriksaan didapati kapal SPOB (RS) membawa kurang lebih 20 ton muatan solar (HSD)  tanpa dilengkapi dokumen kapal yang sesuai.

Berdasarkan keterangan dari nakhoda, kapal SPOB (RS) berlayar dari Meranti Jaya menuju Palembang dan telah selesai melakukan kegiatan bunker. Hasil pemeriksaan awal kapal SPOB (RS) diduga melanggar tindak pidana Minyak dan Gas.

Untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut, komandan KN Belut Laut 406 Letkol Bakamla Heni Mulyono langsung memerintahkan kapal SPOB (RS) untuk ditangkap dan dikawal menuju pelabuhan Boombaru Palembang.

Direktur Strategi Bakamla RI/IDNCG Hadir Pembahasan Pencegahan Peristiwa Tenggelam

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata