logo


Data Penumpang Lion Air Bocor, Ketua DPR Minta Pertanggungjawaban

Ada puluhan juta data milik penumpang dua maskapai Lion Air diduga telah bocor dan disebar

19 September 2019 16:24 WIB

Bambang Soesatyo.
Bambang Soesatyo. twitter @DPR_RI

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bleeping Computer mewartakan ada puluhan juta data milik penumpang dua maskapai Lion Air diduga telah bocor dan disebar di sejumlah forum online selama sebulan terakhir.

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah, utamanya Kementerian Kominfo dan Kementerian Perhubungan untuk meminta penjelasan dan pertanggungjawaban dari manajemen Lion Air atas kasus pembocoran dan penyebarluasan data pribadi puluhan juta penumpang maskapai tersebut.

Bamsoet menilai pembocoran data pribadi tanpa persetujuan pihak yang bersangkutan tidak dapat dibenarkan dan tidak etis.


Kemenhub dan Pemkab Kota Baru Kerja Sama Bangun Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam

“Kasus pembocoran dan penyebarluasan data pribadi penumpang Lion Air memang perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, karena data pribadi puluhan juta WNI itu telah dikuasai atau disimpan pihak asing,” kata Bamsoet di Jakarta, Kamis (19/9).

Dalam hal ini, Bamsoet menilai bahwa data-data puluhan juga penumpang Lion Air itu berpotensi untuk disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Bantah Tudingan, PP AMPG: Jika Partai Terpuruk, Tidak Mungkin Kita Finish Urutan Kedua Pemilu

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata