logo


Saat Kumpul Kebo di Atur Undang-Undang, Netizen Bilang, "Itu Udah Ada Aturannya di Agama"

Simak berita selengkapnya

19 September 2019 10:53 WIB

dailymail.co.uk/Ilustrasi
dailymail.co.uk/Ilustrasi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Usai polemik revisi UU KPK yang telah disahkan DPR, kini muncul pasal di Rancangan Kita Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) yang menuai kontroversi.

Pasalnya, RUKHP ini memuat pasal yang mengatur 'kumpul kebo'. Dalam Pasal 419 RKUHO tertulis, bagi yang melakukan kumpul kebo atau tinggal satu atap seperti suami istri tanpa ada ikatan pernikahan, akan mendapat ancaman tindakan pidana.

Baca Juga: Apakah Jalan-jalan di Mall Disebut Olahraga? Berikut Penjelasan Ahli


Saut Mundur dari KPK, Respons Presiden Bikin Netizen Bilang, "Itulah Karakter Jokowi, Merasa..."

Siap Pinang Putra Jokowi di Pilwakot Solo, Netizen ke Gerindra, "Jangan Masuk Lubang yang Sama Woy"

"Setiap orang yang melakukan hidup bersama sebagai suami istri di luar perkawinan, dipidana dengan pidana denda paling banyak kategori II," bunyi Pasal 419 ayat 1 RKUHP.

Di mana mereka yang melakukan hal terseut akan mendapat pidana paling lama enam bulan penjara. Pasal tersebut akan berlaku jika ada laporan dari pihak keluarga.

Undang-Undang yang akan disahkan pada 24 September mendatang ini menuai cibiran negatif dari netizen. Berikut beberapa tanggapan netizen yang Jitunews pantau di artikel "RKUHP Muat Pasal Kumpul Kebo, Apa Sih Sebenarnya Istilah Itu?" yang tayang di Babe.

Soal Polemik Film The Santri, UAS Bilang, "Gak Bisa Bedakan Mana Toleransi, Mana Telor Asin"

Fernando, Itu sudah ada aturannya di agama masing-masing, ngapain diurusin. Lebih baik ngurusin pengangguran sama kemiskinan di negara ini. Kurang kerjaan aja.

Maman, Pengalihan isu tentang revisi UU tentang KPK, jangan hiraukan, wong RUKHP sudah sekian puluh tahun jadi wacana dak pernah jadi kok.

Someone, Bakal banyak nih yang kena Pasal ini, kumpul kebo yang banyak dirugikan pasti kaum wanita, buat wanita jangan mau ya diajakin kumpul kebo. Kalau bener cinta pasti dinikahi resmi.

Sandi Curhat Nganggur, Butuh Kerjaan, Netizen Bilang, "Datangi Hotman Paris Tuh, Lagi Butuh...."

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata