logo


Jokowi Setujui UU KPK, Pengamat: "Kita Ingatkan, Kenapa Malah Menggali Kubur Sendiri?"

Berikut pernyataan lengkapnya

19 September 2019 00:36 WIB

Joko Widodo / Jokowi
Joko Widodo / Jokowi Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Eksekutif Center for Democracy & Governance Studies (CDGS) Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam menilai langkah Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menyetujui Undang-undang KP akan menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap dirinya.

"Pesan politik dari kesepakatan revisi UU KPK antara pemerintah dan DPR jelas memengaruhi tingkat kepercayaan publik terhadap Presiden, bahkan bisa cukup turun signifikan tingkat kepercayaannya," ujar Umam, dikutip dari laman Kompas (19/09).

Menurutnya Ahmad, sebagai seorang Presiden, Jokowi seharusnya tetap berpihak kepada masyarakat yang mayoritas menolak UU tersebut.


Soal Jadi Kader PDIP, Gibran: Kalau Waktunya Sudah Pas

"Keberpihakan Presiden pada agenda pemberantasan korupsi itu penting dan berimplikasi pada tingkat kepercayaan masyarakat. Ini bukan menakut-nakuti, melainkan tingkat kepercayaan Jokowi akan mengalami penurunan signifikan karena setuju pengesahan revisi," ungkapnya.

Seharusnya Jokowi menunjukkan sikap ke masyarakat bahwa dirinya pro terhadap pemberantasan korupsi.

"Kita ingatkan kembali ke Presiden, kenapa menggali kubur sendiri? Presiden itu bagaimanapun juga adalah nakhoda agenda pemberantasan korupsi," katanya.

Dianggap Sebagai Mercusuar, Maman Imanulhaq Diusung Relawan Jokowi Jadi Menteri

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma