logo


Perut Buncit? Kenali Beberapa Penyebabnya!

Berikut ulasannya

18 September 2019 14:02 WIB

Perut Buncit
Perut Buncit Kompas

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perut buncit merupakan kondisi tubuh yang dihindari banyak orang. Memiliki tubuh ideal bukan berarti terbebas dari resiko mempunyai perut buncit. Buktinya, perut buncit tidak hanya ditemukan pada orang yang berberat badan berlebih, tetapi orang yang kurus pun dapat memilikinya.

Dilansir dari Kompas, salah satu dokter gizi Indonesia mengungkapkan bahwa ukuran ikat pinggang dapat dijadikan dasar untuk mengkategorikan seseorang buncit atau tidak. Apabila lingkar pinggang laki-laki melebihi angka 90cm, maka orang tersebut termasuk dalam kategori memiliki perut buncit. sedangkan untuk perempuan, di batas angka yang melebihi 80cm.

Penyebab perut buncit terkadang tidak tersadari. Di bawah ini akan diulas beberapa penyebab perut buncit yang mungkin sudah menjadi salah satu kebiasaan kita sampai sekarang:


Peneliti Ungkap Khasiat Minum Teh untuk Tingkatkan Fungsi Otak

Kurang Waktu Istirahat

Kesibukan merupakan salah satu faktor yang membuat orang dewasa kurang memiliki watu tidur yang cukup. Berdasarkan standar kesehatan, dalam sehari orang dewasa dianjurkan untuk tidur 7 – 8 jam.

Kekurangan jam tidur akan mengganggu produksi hormon leptin yang menyebabkan hormon leptin menyimpan lemak di perut. Hormon leptin adalah hormon yang mengatur rasa haus dan lapar. Selain itu, kurang tidur akan mengakibatkan proses pembakaran lemak kurang maksimal.

Mengkonsumsi Gula Secara Berlebihan

Mengkonsumsi gula dalam jumlah yang berlebihan adalah salah satu penyebab perut buncit. Menurut Business Insider, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, pemakaian gula disarankan tidak melebihi 50 gram atau setara dengan seperempat sendok makan dalam satu hari.

Di sisi lain, mengonsumsi gula terlalu banyak dapat memicu penyakit seperti jantung, obesitas, dan diabetes.

Jarang Olahraga

Barangkali kegiatan ini sering terlupakan atau bahkan sengaja ditinggalkan karena keterbatasan waktu. Padahal jarang berolahraga menjadi faktor utama perut membuncit.

Dengan berolahraga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu, olahraga juga berperan besar dalam menghilangkan lemak di tubuh kita.

Modal Air Putih, Kamu Bisa Turunkan Berat Badan, Kok Bisa?

Halaman: 
Penulis : Iskandar