logo


Hobi Gigit Kuku? Awas, Bisa Menimbulkan.....

Penasaran?

17 September 2019 14:45 WIB

Ilustrasi - BBC
Ilustrasi - BBC
dibaca 149 x

Tak sedikit orang yang punya kebiasaan menggigiti kukunya sendiri. Entah itu anak-anak sampai dewasa, kebiasaan ini kadang sulit untuk dihentikan. Menggigit kuku bisa digolongkan sebagai Body-Focused Repetitive Behaviors (BFRBs) yang dilakukan oleh seseorang. Hal ini merupakan masalah mental yang membuat seseorang menariki rambut, mencabuti kulit, atau menggigit kuku.

Perilaku seperti menggigit kuku ini menjadi pertanda adanya suatu masalah lain mulai dari kecemasan hingga OCD.

Kebiasaan ini biasa dilakukan secara berulang-ulang dan bisa menjadi sebuah kebiasaan buruk. Di samping kemungkinan adanya masalah masuknya kotoran ke tubuh, kebiasaan menggigit kuku kronis atau onychophagia ini disebut tidak menghasilkan dampak dalam jangka panjang.


Pelantikan Sekjen dan Direktur Penuntutan KPK Dihadiri oleh Kabareksrim Polri

Baca Juga: Gelar Edukasi Berkendara, Pertamina MOR III: Ini Dapat Membangun Rasa Empati

ilustrasi

Beberapa penelitian bahkan menyebut bahwa kebiasaan menggigit kuku ini bisa mendorong pertumbuhan kuku yang lebih cepat. Walau begitu, bukan berarti kebiasaan ini tidak menimbulkan risiko. Berikut sejumlah masalah yang mungkin muncul dari kebiasaan menggigit kuku.

1.       Infeksi

Infeksi pada kuku jari dapat terjadi apabila kamu sering menggigiti kuku, terutama dalam ukuran yang cukup besar. Pada saat kuku tercabut, maka kulit halus di bawah kuku akan terlihat. Bagian tersebut sangat rentan terkena bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

2.       Kutil periungual

Kutil jenis ini biasanya sering terjadi pada orang yang suka menggigit kuku. Pada umumnya, ukuran kutil yang kecil tidak akan menimbulkan rasa sakit sedikitpun. Namun seiring dengan pertumbuhan kutil yang semakin membesar dan menyebar, rasa sakit pun bertambah. Selain sakit, penampilan di sekitar kuku akan terlihat buruk.

3.       Herpetic whitlow

ilustrasi

Bahaya dari sering menggigit kuku lainnya adalah terkena herpes tangan atau herpetic whitlow. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simplex jenis 1 dan jenis 2. Virus ini kemudian masuk melalui kulit jari yang terbuka yang terkena cairan HSV. Biasanya terjadi jika Kamu sedang menderita penyakit herpes oral.

4.       Masalah pada gigi

Kebiasaan satu ini juga membahayakan kesehatan gigi dan mulut Kamu. Ternyata, posisi gigi Kamu bisa bergeser dari tempatnya dan juga menyebabkan gigi atau email gigi pecah. Gusi juga beresiko tinggi terkena infeksi dan mengalami pembengkakan karena hal tersebut.

5.       Peradangan pada kuku

Bahaya menggigit kuku paling umum adalah terjadinya peradangan dan pembengkakan pada jari kuku yang disebabkan oleh air liur yang mengandung komposisi kimia untuk memecah lemak dan molekul makanan. Karena tujuannya untuk memperlancar pencernaan, air liur yang keluar saat menggigiti kuku membahayakan kulit jari kamu. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan, bibir pecah-pecah, dan merusak kulit di sekitar kuku kamu.

Terminal 2 Soetta Ganti Jadi Traveloka, Sartono: Pencetus Gak Paham dan Gak Ngerti Sejarah

6.       Pertumbuhan kuku tidak normal

ilustrasi

Selain berefek buruk pada kesehatan kamu, kebiasaan menggigit kuku juga membuat kuku menjadi tumbuh ke dalam. Lapisan generatif pada kuku yang disebut dengan ‘matriks’ adalah sebuah tempat yang menjadi fondasi ketika kuku Kamu tumbuh. Jika kebiasaan ini dilanjutkan, lapisan tersebut dapat rusak dan menyebabkan pertumbuhan ke dalam atau kelainan pada kuku.

7.       Sakit perut

Kebiasaan menggigiti kuku ini juga dapat memberikan dampak yang berbahaya bagi perut. Hal tersebut disebabkan oleh bakteri yang kerap bersembunyi di balik kuku.

Oleh karena itu, ketika kamu menggigit kuku, bukanlah hal yang tidak mungkin jika bakteri tersebut masuk ke dalam saluran pencernaan Kamu. Mulai dari flu hingga virus perut yang cukup serius dapat Kamu alami apabila tidak menghentikan kebiasaan ini.

Untuk mengatasi masalah tersebut, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau psikolog. Untuk menghentikan kebiasaan buruk seperti menggigit kuku ini. setelah mengetahui bahaya dari menggigit kuku sendiri dan dampaknya bagi kesehatan kamu, apakah kamu masih mau melanjutkan kebiasaan tersebut?

 

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Penuh Akan Khasiat? Ini Fakta Tentang Obat Herbal yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Halaman: 
Admin : Nugroho Meidinata