logo


Jokowi Bertolak ke Riau untuk Tangani Karhutla, Wiranto: "Jangan Sampai Ada Asap yang Nyebrang ke Negara Tetangga..."

Berikut pernyataan lengkapnya

17 September 2019 02:33 WIB

Menko Polhukam, Wiranto
Menko Polhukam, Wiranto Kemenkopolhukam

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menkopolhukam, Wiranto menyebut keberangkatan Presiden Jokowi ke Riau untuk meninjau kebakaran hutan dan lahan (karhutla) merupakan inisiatif pribadi.

Menurutnya, Jokowi prihatin dengan kondisi disana dan ingin segera mengetahuinya secara langsung.

"Presiden sendiri yang merasa sangat prihatin tentang hal ini dan memberikan perhatian khusus sampai beliau ingin langsung melihat, langsung meninjau, dan ingin mendapatkan laporan di daerah-daerah yang rawan kebakaran," ujar Wiranto, dikutip dari laman CNN (17/09).


Riau Siaga Darurat Akibat Karhutla, Jokowi: Kita Lalai

Diketahui Jokowi berangkat ke Riau pada kemarin sore, (16/09), dan sesampainya di lokasi Presiden langsung memerintahkan para pihak terkait untuk menggelar rapat terbatas guna mencari solusi penanganan.

Menurut Wiranto salah satu hal yang dibahas dalam rapat terbatas itu adalah mengenai asap dari kebakaran hutan.

"Dan jangan sampai ada asap-asap yang nyeberang negara tetangga terutama yang tentu menimbulkan permasalahan antarnegara," ujarnya.

"Maka tentunya kita perlu inventarisasi masalah apa, masalah di lapangan yang kurang, kita mencoba di sana. Dan ternyata masih ada beberapa yang kurang yang kemudian kita putuskan untuk kita melengkapi kekurangan-kekurangan itu," ujar Wiranto.

Kapolri Bakal Pecat Kapolda-Kapolsek Jika Tak Ada Penangkapan Pelaku Karhutla

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma