logo


Kemenhub dan Pemkab Kota Baru Kerja Sama Bangun Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam

Kerja sama ini bertujuan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di daerah Kota Baru dan sekitarnya

16 September 2019 20:23 WIB

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama Pembangunan dan Pengembangan Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam, Kotabaru Kalimantan Selatan, di Gedung Mulawarman, Kementerian Perhubungan, pada Senin (16/09).
Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama Pembangunan dan Pengembangan Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam, Kotabaru Kalimantan Selatan, di Gedung Mulawarman, Kementerian Perhubungan, pada Senin (16/09). Kementerian Perhubungan

Bupati Kotabaru, Sayed Jafar mengungkapkan rasa syukur atas kesepakatan dengan Ditjen Hubud dalam pembangunan dan pengembangan bandara.

"Dengan kesepakatan ini kiranya kabupaten Kota baru mendapatkan perhatian dalam usulan program pembangunan dan pengembangan bandara yang sesuai dengan PM No 142 Tahun 2019 Tentang Rencana Induk Bandara, seperti perpanjangan landas pacu dan pengembangan lainnya" ungkapnya.

Sayed menambahkan, kehadiran transportasi udara penting untuk memudahkan moda transportasi dan menunjang program pariwisata, dimana Kotabaru akan menjadi kota industri yang didukung banyak objek wisata di Pulau Laut Selatan.


Kalimantan dan Sumatera Kena Kabut Asap, Ditjen Hubud Pastikan Operasional Bandara Normal

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Gusti Sjamsir Alam, Ferdinan Nurdin mengatakan bahwa rencana pengembangan bandar udara meliputi perpanjangan runway yang semula 1.650 m x 30 m menjadi 2.000 m x 45 m.

Saat ini, airline yang beroperasi di Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam Kotabaru Adalah PT. Wings Abadi Airlines (Wings Air) dengan frekuensi penerbangan 3 kali sehari menggunakan ATR72-600 dengan rute Banjarmasin – Makassar – Banjarmasin, dan juga dilayani maskapai milik PT Hevilift Indonesia (tidak berjadwal) dengan penerbangan seminggu 2 kali.

Asap Karhutla Mengganggu, Kemenhub Imbau Utamakan Keselamatan Pengguna Jasa Transportasi Udara

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata