logo


Soal Karhutla, DPR: Presiden Tidak Boleh Hanya Mengunjungi Kemudian Lihat Sana, Liat Sini

Presiden juga harus membuktikan janjinya seputar pencopotan kapolda dan pangdam yang tidak mampu mengatasi karhutla

16 September 2019 17:32 WIB

Nasir Djamil.
Nasir Djamil. nasirdjamil.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus mencari solusi yang effektif dalam menanggulangi kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau.

Menurutnya, pemerintah tidak boleh lagi hanya mengunjungi lokasi Karhutla tanpa memberikan solusi penyelesaian yang jelas terhadap persoalan tersebut.

“Artinya tidak boleh lagi hanya mengunjungi, presiden menurut saya tidak boleh hanya mengunjungi kemudian lihat sana, lihat sini. Presiden harus mengambil solusi yang efektif,” ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (16/9).


Soal 'Jokowi Pinokio', Ruhut: Tidak Pantas Menggambarkan Pak Jokowi Pembohong

Kemudian, lanjut Nasir, Presiden juga harus membuktikan janjinya seputar pencopotan kapolda dan pangdam yang tidak mampu mengatasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

“Presiden sudah pernah mengingatkan jajaran Kepolisian dan TNI yang tidak mampu menanggulangi kebakaran hutan katanya mau di copot. Ya kita tunggu saja apakah kemudian presiden merealisasikan apa yang sudah dia sampaikan,” tuturnya.

Di sisi lain, Nasir menilai bahwa kebaran hutan dan lahan ini tidak hanya merusak lingkungan, tapi juga menggerus Sumber Daya Manusia (SDM) dan mengganggu perekonomian.

“Bayangkan ada puluhan penerbangan di Kalimantan yang gagal karena asap tersebut, belum lagi di Riau. Jadi perekonomian kita terganggu karena pesawat tidak bisa dan penerbangan di tiadakan.

“Ini menurut saya kegagalan pemerintah menanggulangi dan mencegah kebakaran hutan. Jadi ini beda, ini bukan kebakaran rumah, ini kebakaran hutan oleh karena itu jangan kemudian diantisipasi seolah-olah ini kebakaran rumah, ini kebakaran hutan,” pungkasnya.

Pemerintah Diminta Abaikan Isu-isu Politik dalam Kasus Karhutla

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata