logo


Sore Ini, Jokowi Terbang ke Riau untuk Cek Karhutla

Basuki akan mendampingi Jokowi ke Riau

16 September 2019 14:51 WIB

Presiden RI Joko Widodo.
Presiden RI Joko Widodo. Biro Pers Setpres

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo akan pergi ke Provinsi Riau hari ini untuk mengecek kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Sebetulnya kalau kebakaran hutan, itu kalau di daerah gambut ini kan bikin saluran saluran sekunder. Saluran saluran untuk mengalirkan ke dekat situ. Nanti siang kami baru mau ke Pekanbaru dengan presiden," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (16/9).

Rencananya, Basuki akan mendampingi Jokowi ke Riau. Basuki mengatakan bahwa sudah menyiapkan langkah untuk menangani karhutla.


Asap Karhutla Mengganggu, Kemenhub Imbau Utamakan Keselamatan Pengguna Jasa Transportasi Udara

Basuki menjelaskan bahwa PUPR bekerja sama dengan Badan Restorasi Gambut terkait rehabilitasi gambut. Pihaknya akan membantu membuat saluran air.

"Sekarang ini kan ada badan rehabilitasi gambut itu sebetulnya dan rehabilitasi gambut yang menjadi leading organisasinya. Kami mendukungnya jadi tinggal bikin saluran. Mereka bikin, kami juga bikin," ujar Basuki.

Sore ini Jokowi akan terbang ke Riau. Rencananya, Jokowi akan berada di Riau hingga Selasa (17/9).

Hari ini BMKG Pekanbaru merilis jumlah titik panas di Riau menurun. Namun, kondisi asap masih pekat. Jumlah titik panas yang terdeteksi di Riau ada 45 lokasi pada level confidence 70 persen. Jumlah ini jauh berkurang dibanding beberapa hari sebelumnya yang di atas angka 150 hotspot.

Sebaran 45 titik panas itu terdapat di Kampar 2, Dumai 3, Pelalawan 7, Rohil 23, Inhul 6, Inhu 1, Kuansing 2, dan Bengkalis 1.

Jokowi Disamakan dengan Pinokio, PDIP Bilang, "Pak Jokowi Tidak Sendirian"

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata