logo


Penggemar Gorengan? Tak Perlu Risau, Lakukan Ini Agar Tetap Aman Makan Gorengan

Penasaran?

16 September 2019 10:49 WIB

Ilustrasi, gorengan.
Ilustrasi, gorengan. net
dibaca 15584 x

Makanan yang digoreng atau yang sering kita kenal dengan gorengan memang menjadi favorit dikalangan kebanyakan orang jika dibandingkan dengan jenis makanan lainnya.

Dikarenakan prosesnya sendiri yang lebih mudah dari cara memasak yang lain, hasil makanan yang dihidangkan pun juga lebih menarik selera kita untuk menyantap gorengan tersebut. Bagaimana tidak, makanan yang digoreng siap menawarkan sensasi rasa makanan yang lebih gurih serta tekstur yang renyah.

ilustrasi


Rekomendasi Wisata Malam di Malang yang Cocok untuk Nongkrong di Malam Hari

Meskipun demikian dibalik sensasinya yang menggoda tersebut. Banyak yang mengaitkan antara kelezatan makanan yang digoreng dengan kualitas kesehatan. Namun, Apakah benar gemar menikmati gorengan tidak baik untuk kesehatan?

Baca Juga: Geram Adanya Isu Pelemahan KPK, Ruhut: Ingat KPK Itu Lahir di Era Ibu Megawati

Tak perlu risau, tips-tips berikut ini bisa kamu coba agar kesehatan tubuh tetap terjaga tanpa perlu berhenti dan menghindar dari yang namanya gorengan.

1. Olahraga fisik

ilustrasi

Makan makanan yang digoreng membuat tubuh menerima lebih banyak kalori dibandingkan dengan makanan yang direbus atau pun dikukus. Karena itu jangan malas untuk memperbanyak gerak fisik.

Dengan memperbanyak gerak fisik, kalori yang diterima tubuh akan terbakar. Tingkat kolesterol jahat dalam tubuh hasil asupan makanan yang digoreng itu pun akan berkurang, karena aktivitas fisik memicu pembakaran lemak jenuh dalam tubuh. Sebagaimana diketahui, penumpukan lemak jenuh inilah yang menyebabkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh meningkat, khususnya bagi penikmat gorengan yang rawan bermasalah dengan kadar kolesterol.

Bila Anda tak terbiasa olahraga, segera mulai dengan berjalan kaki minimal 10 menit sehari, lalu tingkatkan setiap harinya, hingga dapat konsisten berjalan kaki 30 menit setiap hari.

2. Buat sendiri

Tidak ada salahnya untuk mengolah sendiri gorengan favoritmu, agar bisa menyantap aneka menu gorengan dengan perasaan tenang dan aman. Dengan begitu, Anda lebih tahu minyak seperti apa yang digunakan untuk menggorengnya.

Hindari minyak yang sudah dipakai berulang kali, berubah warna menjadi lebih coklat, apalagi minyak yang sudah hitam. Minyak dengan kondisi-kondisi tersebut dapat menurunkan mutu dari suatu pangan, seperti penurunan kadar protein dan air, serta membuat lemak menjadi lemak jahat yang membahayakan pembuluh darah.

Soal Kabut Asap Riau, Pihak Istana ke Warga Riau, "Jalani dengan Ikhlas dan Berdoa"

3. Konsumsi buah dan sayur

ilustrasi

Serat dari sayur dan buah serta nutrisi yang dikandung, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, membasmi lemak berlebih, hingga menurunkan tekanan darah.

4. Kurangi penggunaan minyak

Pilih cara menggoreng yang aman, yaitu, menggoreng dengan sedikit minyak. Misal, saat membuat telur goreng. Gunakan fry pan dengan sedikit minyak, daripada menggunakan wok yang perlu lebih banyak minyak. Demikian juga saat menggoreng jenis makanan lainnya, usahakan untuk tidak terlalu berlebihan ketika menggunakan minyak.

Cara aman lainnya, selalu siapkan tisu untuk mengurangi sisa minyak berlebih pada gorengan.

5. Ketahui batasan

Batasi konsumsi makanan yang digoreng, serta batasi penggunaan berulang minyak untuk menggoreng. Bahkan demi kesehatan Anda dan keluarga, gunakan minyak hanya sekali pakai untuk menggoreng.

 

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Kayu Gaharu, Tumbuhan Mahal Asli Indonesia yang Konon Berasal dari Surga

Halaman: 
Admin : Nugroho Meidinata