logo


Asap Karhutla Mengganggu, Kemenhub Imbau Utamakan Keselamatan Pengguna Jasa Transportasi Udara

Seluruh stakeholder penerbangan untuk tetap mengutamakan keselamatan penumpang

15 September 2019 19:37 WIB

Penumpang Pesawat
Penumpang Pesawat Kemenhub

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengimbau kepada seluruh stakeholder penerbangan untuk tetap mengutamakan keselamatan bagi pengguna jasa transportasi udara akibat sebaran asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terutama di wilayah Kalimantan dan Sumatera.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti, Ditjen Hubud selalu melakukan pemantauan dan terus berkoordinasi melalui Kantor Otoritas Bandar Udara (OBU) terutama yang memiliki wilayah kerja di kalimantan dan sumatera dengan operator bandara, AirNav Indonesia, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta pihak-pihak sehingga segera menindaklanjuti apabila sebaran asap menggangu operasional penerbangan.

“Kami meminta operator penerbangan terutama yang menutup pelayanan penerbangan ataupun terdampak delay akibat karhutla, untuk sigap membantu mengkomunikasikannya kepada para penumpang dan memberikanpelayanan sesuai aturan yang berlaku. Menutup layanan penerbangan demi keselamatan pengguna jasa transportasi udara,” jelas Polana di Jakarta, Sabtu (14/9).


Masalah Karhutla Riau, BMK Akui Kesulitan Membuat Hujan Buatan

Untuk itu, Polana meminta pengguna jasa transportasi udara agar dapat memahami kondisi saat ini.

“Kami meminta kepada pengguna jasa transportasi udara untuk bersabar, karena keselamatan merupakan prioritas utama,” tambahnya.

TNI Gunakan Drone untuk Pantau Titik Api Karhutla di Riau

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata