logo


Kenapa Keringat Terasa Asin? Ternyata Ini Alasannya

Ada beberapa hal yang menyebabkan keringat terasa asin. Apa saja?

15 September 2019 09:15 WIB

Olahraga / Berkeringat
Olahraga / Berkeringat merdeka.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Saat beraktivitas berat, manusia akan mengeluarkan keringat, apalagi jika cuaca sedang panas seperti sekarang. Keringat itu terkadang menetes dari dahi ke mulut. Ketika keringat menetes, tak jarang keringat akan masuk ke mulut sehingga menimbulkan rasa asin.

Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa keringat punya rasa yang asin? Nah, berikut ini beberapa penyebab yang membuat keringat terasa asin.

1. Pengaruh makanan


Sering Begadang Bikin Wajah Tambah Jerawatam?

Ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam, seperti daging atau jus sayuran maka kadar sodium dalam tubuh akan meningkat.

2. Pengaruh dari DNA

Keringat yang asin bisa dipengaruhi oleh DNA. Ada sebuah gen yang disebut CFTR (regulator transmembran kistik fibriosis) untuk mengendalikan jumlah natrium dan sodium yang keluar dari kelenjar keringat ke tubuh.

3. Perubahan iklim

Iklim yang lembap akan mengurangi sedikit kadar garam pada kulit. Namun, kulit yang tetap lembap lebih lama sedangkan iklim kering dapat meninggalkan lebih banyak garam daripada kulit. Inilah yang membuat keringat terasa asin.

4. Asinnya keringat juga bergantung pada besar tubuh

Sebuah penelitian di Experimental Physiology menemukan bahwa ukuran tubuh akan mempengaruhi rasa asin keringat. Berkeringat akan menyebabkan baju basah dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Ternyata Pakaian yang Baru Dibeli Harus Dicuci Sebelum Dipakai, Kenapa?

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu