logo


Kayu Gaharu, Tumbuhan Mahal Asli Indonesia yang Konon Berasal dari Surga

Gaharu boleh dibilang yang paling punya pamor

13 September 2019 14:45 WIB

gaharu
gaharu
dibaca 17395 x

Indonesia memang terkenal sebagai negara yang mempunyai hutan tropis sangat luas dengan berbagai spesies tanamannya yang memiliki keunikan masing-masing. Pohon-pohon yang tumbuh di daerah hutan Indonesia sendiri juga tak jarang namanya sangat terkenal sampai negara lain karena dikenal memiliki banyak manfaat. Entah itu kuat bila digunakan sebagai bangunan, maupun manfaat-manfaat lain.

Dari banyak jenis pohon di Indonesia, Gaharu boleh dibilang yang paling punya pamor. Tumbuhan yang banyak ditemukan di daerah Kalimantan ini dikenal memiliki banyak manfaat, terutama nilai ekonomisnya yang super tinggi. Saking luar biasanya, Gaharu sampai dijuluki pohon yang berasal dari surga. Benar-benar surga.


Ngeri! Inilah Sosok Tallu Anna, Hantu Penculik Anak dari Sulawesi Selatan

Resin dalam Gaharu yang membuat kayu ini unik

Gaharu sendiri sebenarnya adalah sejenis kayu berwarna kehitaman yang mengandung sejenis resin khas. Resin tersebut ternyata dihasilkan dari mikroba berjenis fusarium sp yang membuatnya bernilai jual tinggi. Pohon Gaharu mampu tumbuh sampai puluhan meter dan berdiameter rata-rata 40 hingga 60 cm.

Kayu yang sudah tualah yang nantinya dapat menghasilkan resin atau gubal dan biasanya mulai terbentuk ketika pohon sudah berusia 25 tahun. Namun saat ini para pemilik sudah menemukan cara agar resin cepat tumbuh dengan menyuntikkan mikroba tersebut dalam batang pohon yang berusia minimal 5 tahun. Dan resin itu atau bagian yang berwarna hitam biasanya terdapat di bagian tengah pohon.

Kayu ini memiliki wangi yang khas dan harga mahal

Banyak negara yang menginginkan kayu ini adalah karena memiliki aroma khas yang dihasilkan dari resin atau gabulnya. Itulah sebabnya banyak produsen sampo, kosmetik, dan parfum yang menggunakan gaharu sebagai bahan dasarnya. Bahkan tidak sedikit merek parfum ternama memakai gaharu dalam salah satu komposisinya.

Wangi tersebut dapat dengan mudah kita cium hanya dengan membakar si kayu saja tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Itulah mengapa banyak yang bercerita bahwa kayu ini juga digunakan untuk dupa pada ritual tertentu. Adapun negara-negara yang biasanya memesan tanaman ini adalah Oman, Yaman, Saudi Arabia, Cina, Korea, jepang, dan Singapura. Sampai saat ini menurut data, 1 kilo gaharu dapat dijual mulai dari 10 sampai 35 juta tergantung kualitas yang ditawarkan.

Rekomendasi Wisata Malam di Malang yang Cocok untuk Nongkrong di Malam Hari

Halaman: 
Admin : Aurora Denata