logo


Capim KPK Firli: Tak Ada Pimpinan KPK yang Nyatakan Saya Melanggar

Firli Bahuri menegaskan pertemuannya dengan mantan Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) tidak terkait dengan pembahasan perkara.

12 September 2019 22:15 WIB

Firli Bahuri
Firli Bahuri detikcom

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Calon pimpinan KPK Firli Bahuri menegaskan pertemuannya dengan mantan Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) tidak terkait dengan pembahasan perkara. Persoalan pertemuan dengan TGB ini pun diklarifikasi langsung 5 pimpinan KPK dengan Firli Bahuri.

"Ada dari 5 pimpinan bicara Pak Saut ada, Ibu Basaria, Pak Laode, Pak Alex, Pak Agus juga. Saya sendiri menghadapi 5 pimpinan tidak ada satu pun pimpinan mengatakan saya melanggar. Saya diperingatkan, iya," ujar Firli saat fit and proper test capim KPK di Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, dilansir dari detikcom, Kamis (12/9).

Firliri menegaskan tidak ada pembicaraan perkara apa pun dengan TGB. Pertemuan dengan TGB di lapangan tenis disebut Firli sebagai kebetulan.


Sandiaga Istirahat dari Politik, Demokrat: Rasionalitas Itu Lebih Baik

"Tidak ada pembicaraan apa pun," ujar Firli.

Namun Firli tidak menampik bila dikatakan KPK sempat melakukan ekspose perkara terkait divestasi Newmont. Perkara itu sempat disangkutpautkan dengan pertemuan Firli dengan TGB.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK yang juga capim KPK, Alexander Marwata, menegaskan belum ada vonis yang menyatakan Firli melakukan pelanggaran kode etik berat. Dugaan pelanggaran kode etik Firli terkait pertemuan dengan mantan Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB), juga Wakil Ketua BPK Bahrullah Akbar, sudah ditangani Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PIPM).

Demokrat: Era Anies Baswedan, Kritik Dijawab Pendukungnya dengan Caci Maki

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu