logo


Solusi Huawei Agar Mate 30 Bisa Dapat Layanan dari Google

Huawei dikabarkan sudah menemukan solusi untuk mengatasi dukungan aplikasi dan layanan Google di Mate 30 dan Mate 30 Pro.

12 September 2019 19:24 WIB

Huawei Mate 30 Pro
Huawei Mate 30 Pro Phone Arena

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Huawei Mate 30 dijadwalkan rilis pada 19 September mendatang di Munich, Jerman. Karena larangan pemerintah Amerika Serikat terhadap sejumlah perusahaan Tingkok, Mate 30 dan Mate 30 Pro dilaporkan akan meluncur tanpa dukungan aplikasi dan layanan Google.

Namun, Huawei dikabarkan sudah menemukan solusi untuk mengatasi dukungan aplikasi dan layanan Google di Mate 30 dan Mate 30 Pro.

Baca juga: Rilis iPhone 11, Apple Turunkan Harga iPad Pro 1 TB


Kenang BJ Habibie, Jonan: Indonesia Kehilangan Tokoh Perkembangan Teknologi Modern

"Perusahaan telah memiliki solusi yang memungkinkan pengguna Mate 30 memasang aplikasi Google di Android versi AOSP (non-Google)," kata CEO Huawei, Richard Yu, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Rabu (11/9).

Dia mengatakan, mengingat Android bersifat open source, prosesnya "sangat mudah" dilakukan oleh pengguna. Dia menjelaskan, perusahaan telah bekerja sama dengan pengembang pihak ketiga untuk menghadirkan solusi ini.

Menelaah ucapan Yu, bisa dipahami bahwa pengguna akan diminta untuk memasang aplikasi ke Mate 30 dan Mate 30 Pro dengan mengunduh APK (Android Application Package) di laman web pihak ketiga.

Walau begitu, solusi seperti ini berpotensi menimbulkan masalah keamanan. Beberapa kejadian sebelumnya, penjahat siber menyuntik malware ke Fortnite.

Karenanya, Huawei dan mitranya perlu menjelaskan dan menjamin aplikasi tersebut tidak menyembunyikan malware atau virus berbahaya saat dipasang di Mate 30 ataupun Mate 30 Pro.

Rilis iPhone 11, Apple Turunkan Harga iPad Pro 1 TB

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu