logo


Soal Rektor Asing, Guru Besar UI Berharap Kualitas Perguruan Tinggi Meningkat

Eddy berharap dengan adanya profesor dari luar maka bisa membuat perguruan tinggi di Indonesia masuk dalam 100 besar dunia

12 September 2019 17:49 WIB

Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Fakultas Teknik, Prof Dr Eddy S Siradj (kiri)
Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Fakultas Teknik, Prof Dr Eddy S Siradj (kiri) Dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Fakultas Teknik, Prof Dr Eddy S Siradj, optimis kualitas perguruan tinggi di Indonesia bakal semakin meningkat. Hal tersebut berkenaan dengan kebijakan pemerintah mengizinkan adanya rektor asing di perguruan tinggi.

Menurut Eddy, diundangnya profesor dari luar negeri merupakan ide yang bagus. Dengan mendatangkan profesor dari luar maka bisa menggerakkan para dosen agar semakin berkembang.

"Terobosan dengan meng-invited profesor dari luar untuk menjadi rektor, seperti kemarin yang baru saja dari Korea, saya rasa itu cukup bagus men-trigger dosen-dosen sekarang, profesor yang ada sekarang, ini terus maju meneliti, mengembangkan," ujar Eddy di Jakarta, Kamis (12/9).


PPDB Sistem Zonasi, Mendikbud: Era Sekolah Favorit Sudah Selesai

Eddy menjelaskan bahwa saat ini baru perguruan tinggi swasta yang bisa mendatangkan profesor dari luar. Hal ini dikarenakan perguruan tinggi negeri (PTN) memiliki aturan terkait jabatan rektor.

"Belum bisa untuk negeri (PTN) karena terganjal oleh peraturan, karena kalau negeri kan rektor tuh harus PNS umurnya 60 tahun, kan nggak mungkin rektor dari luar kan belum PNS," jelasnya.

Eddy berharap dengan adanya profesor dari luar maka bisa membuat perguruan tinggi di Indonesia masuk dalam 100 besar dunia.

Orang Tua Siswa Mengaku Kebijakan Zonasi Sekolah Dianggap Lebih Baik

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan,Aurora Denata