logo


Kenang Sosok BJ Habibie, Jokowi: Selamat Jalan Sang Pioner

BJ Habibie sejak dewasa adalah tokoh muda yang visioner

12 September 2019 16:57 WIB

Presiden Joko Widodo dalam prosesi pemakaman mantan Presiden RI Ke-3 BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9).
Presiden Joko Widodo dalam prosesi pemakaman mantan Presiden RI Ke-3 BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9). Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung prosesi pemakaman mantan Presiden RI Ke-3 BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9).

“Kita hadir di sini, di TMP untuk memberikan penghormatan terakhir sebagai bentuk penghargaan negara atas jasa dan pengabdian kepada bangsa dan kepada ilmu pengetahuan selama hidupnya,” ujar Jokowi saat menyampaikan sambutannya didepan ribuan pelayat.

Jokowi mengatakan BJ Habibie sejak dewasa adalah tokoh muda yang visioner dan berpikir tidak hanya untuk dirinya sendiri, tidak hanya tentang untuk Indonesia untuk satu atau dua tahun yang akan datang tapi almarhum berpikir untuk Indonesia 50-100 tahun untuk menjadi Indonesia lepas landas maju.


BJ Habibie Dikenal Sebagai Sosok Teladan soal Kesetiaan

“Dari beliau lah lahir industri-industri strategis di Indonesia, dari dedikasi beliau yang berdasarkan research dan teknologi, pesawat Gatot Kaca terbang pada peringatan 50 tahun kemerdekaan Indonesia. Menginspirasi kita untuk percaya diri, untuk menjadikan Indonesia yang berjajar dengan bangsa lain di dunia,” kata Jokowi.

Jokowi menambahkan bahwa almarhum dengan cepat menguatkan fondasi demokrasi Indoensia. Menurutnya, masa senja almarhum tanpa kenal lelah terus mengingatkan untuk terus menjadi manusia-manusia yang selalu berhati Indonesia.

BJ Habibie Dimakamkan, Masyarakat Berbondong-bondong Tabur Bunga dan Berfoto

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata