logo


Dewan Syuro PKB Sebut Habibie Adalah Idola Para Santri

Simak ulasan selengkapnya

12 September 2019 09:30 WIB

KH. Maman Imanulhaq bersama Prof. Dr. Ing. H. BJ. Habibie
KH. Maman Imanulhaq bersama Prof. Dr. Ing. H. BJ. Habibie Doc Jitunews

Menurut Pengasuh Pondok Pesantren Al-Mizan Jatiwangi, Majalengka, BJ. Habibie dikenal sosok religius yang taat beribadah termasuk rajin berpuasa. Agama bagi Habibie bukan hanya baju atau identitas tapi perilaku, tindakan dan akhlaq atau teladan.

Menurut Kang Maman, BJ Habibie merupakan salah satu tokoh yang dikagumi oleh KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Presiden RI ke 4.

"Ada dua yang saya kagumi di Indonesia. Pertama Pak Quraish Shihab dalam ilmu Agama. Kedua Pak Habibie dalam tekhnologi," ungkap Kang Maman mengutip Gus Dur.


Habibie Meninggal, Anies Baswedan: Beliau yang Membuat Kita Semua Merasakan Adanya.....

Kang Maman menuturkan bahwa BJ. Habibie yang mendorong Ulama Tafsir terkemuka, M. Quraish Shibab menuliskan Tafsir monumental yaitu Tafsir al-Misbah.

"Tafsir al-Misbah diselesaikan Pak Quraish Shibab selama 3 tahun. Ini tak lepas dari jasa BJ Habibi yang telah menempatkan Pak Quraish di Mesir," terang Kang Maman.

"Saya diberikan kenikmatan oleh Allah ilmu technology sehingga saya bisa membuat pesawat terbang, tapi sekarang saya tahu bahwa ilmu agama itu lebih bermanfaat untuk umat. Kalau saya disuruh memilih keduanya maka saya akan memilih ilmu Agama," ujar Kang Maman mengutip Cuplikan pidato BJ. Habibie yang menakjubkan ketika kunjungan ke Kairo Mesir.

"Kita kehilangan tokoh bangsa yang jadi idola para santri. Tugas kita mencetak santri seperti Pak Habibie. Oleh karena itu PKB akan terus memperjuangkan disahkannya RUU Pesantren secepatnya," tegas Maman.

Sempat Mendampingi Habibie di Reformasi, Wiranto Ungkap Kenangannya, "Beliau Sangat Kuat dalam...."

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma