logo


Arief Budiman: Pilkada Serentak di Papua Tetap Digelar 2020

Tidak ada alasan untuk tidak jadi menggelar pemilu di Bumi Cendrawasih.

11 September 2019 17:31 WIB

Ketua KPU Arief Budiman.
Ketua KPU Arief Budiman. Jitunews/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menegaskan pihaknya akan tetap menggelar Pilkada serentak 2020 di Papua dan Papua Barat. Ada 20 daerah di dua provinsi tersebut yang akan menggelar pilkada.

Arief menyampaikan tak ada alasan untuk tidak jadi menggelar pemilu di Bumi Cendrawasih meski kondisi di dua provinsi tersebut sempat terjadi kerusuhan beberapa waktu terakhir.

Baca juga: Pemprov DKI Sebut Pejalan Kaki Nyaman Jika Ada PKL di Trotoar


Pemprov DKI Sebut Pejalan Kaki Nyaman Jika Ada PKL di Trotoar

"(Pilkada di papua dan Papua Barat) Tetap jalan. Semua 270 daerah (se-Indonesia) harus jalan di 2020," ujar Arief saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Dilansir dari CNN Indonesia, Rabu (11/9).

Arief mengatakan KPU belum membahas secara mendalam terkait potensi gangguan keamanan selama Pilkada 2020, khususnya di Papua dan Papua Barat.

Namun Arief mengakui tak menutup kemungkinan KPU bakal mengusulkan pengetatan penjagaan selama penyelenggaraan pilkada tahun depan di dua provinsi paling timur Indonesia itu.

"Kalau ada situasi yang kami nilai agak rawan, kami akan koordinasi dengan pihak kepolisian. Kalau masih diperlukan lagi kami akan koordinasi dengan pihak TNI," ujarnya.

Sekadar diketahui Pilkada serentak tahun depan mulai digelar pada 23 September 2020. Ada 270 daerah yang ikut serta, terdiri dari sembilan provinsi dan 261 kabupaten/kota.

Berangsur Kondusif, Layanan Internet Seluruh Papua Barat Dibuka

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu