logo


Pesan JK: Pengetahuan dan Internet itu seperti Pisau Bermata Dua

"Internet adalah pisau bermata dua. Pisau pun seperti itu," ujar Jusuf Kalla di Rapat Senat Terbuka Pengukuhan Guru Besar Prof Yasonna H Laoly di Auditorium STIK Jakarta,

11 September 2019 13:55 WIB

jk
jk Republika Online

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Di era kemajuan teknologi yang sangat pesat ini, JK menilai bahwa internet dan pengetahuan itu sama. Keduanya bisa diibaratkan dengan pisau bermata dua. Perkembangan teknologi termasuk internet yang sangat cepat harus dibarengi dengan ilmu pengetahuan yang terus di-upgrade.

"Internet adalah pisau bermata dua. Pisau pun seperti itu," ujar Jusuf Kalla di Rapat Senat Terbuka Pengukuhan Guru Besar Prof Yasonna H Laoly di Auditorium STIK Jakarta, Rabu (11/9).

Selain itu, JK juga berharap agak penegak hukum bisa lebih kritis menangani cyber crime.


Arif Wibowo Resmi Pimpin Garuda Indonesia

"Cyber crime datang dari mana saja. Makanya, dengan pengetahuan yang baik kita dapat menangkal masalah itu.

JK berpesan agar pengetahuan yang kita punya tidak digunakan untuk kejahatan. Cyber bullying dalam kampanye tahun lalu menurut JK adalah contoh penerapan ilmu pengetahuan yang tidak pada tempatnya.

"Kalau dulu, ketua tim pemilu harus datang dulu untuk melaksanakan kampanye, sekarang sudah tidak lagi. Sekarang yang paling penting adalah pasukan cyber yang dapat membully atas lalu balas bully," sindirnya.

JK memberi kesimpulan bahwa cyber crime masih tergolong tindakan kriminal. Maka dari itu JK berpesan kepada polri untuk lebih menguasai dunia cyber daripada para pelaku kriminal

"Dunia kita telah diubah oleh dunia cyber dari gaya hidup kita, tingkah laku kita, bahkan sampai kesehatan kita. Makanya, polri harus lebih bisa menguasai dunia cyber, jangan sampai pelaku kriminal menguasainya," jelasnya.

Wahh, Usai RUPS 6 Direksi Garuda Dicopot

Halaman: 
Penulis : Aldila Arin