logo


Kementerian ESDM Sebut Sumsel Jadi Provinsi Ideal untuk Bangun Politeknik Energi dan Pertambangan

Simak ulasan selengkapnya

11 September 2019 11:53 WIB

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja Doc Media Center ESDM

PALEMBANG, JITUNEWS.COM - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja mengungkapkan bahwa Sumatera Selatan adalah Provinsi yang ideal untuk dibangun Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP).

Hal tersebut Ia ucapkan saat membuka acara Focus Group Discussion (FGD) Pendidikan Vokasi Sektor ESDM dan PEP Prabumulih, di Kota Palembang, Selasa (10/9).

"Provinsi Sumatera Selatan memiliki sumber energi yang lengkap, sehingga cocok jika dibangun PEP. Disini ada migas, batubara, dan energi terbarukan bioenergi, kelapa sawit," Jelas Wirat.


Tingkatkan Energi Terbarukan, Kementerian ESDM Gandeng The World Agroforestry Centre

Wirat menambahkan bahwa pembangunan PEP merupakan implementasi arahan dari Bapak Presiden untuk memajukan kompetensi sumber daya manusia yang menjadi fokus pemerintah sekarang ini.

Di samping itu, Kepala BPSDM memaparkan bahwa tahun lalu investasi yang masuk di sektor ESDM sekitar Rp500 triliun, sehingga ada peluang yang sangat besar untuk pengelolaan di sektor ESDM.

"Ini opportunity untuk adik-adik siswa meraih pendidikan yang lebih baik, dan lebih berkompeten untuk mengelola sektor energi dan pertambangan di Sumatera Selatan," Imbuh Wirat.

Lebih lanjut, Wirat merincikan bahwa tenaga kerja yang ada di sektor ESDM saat ini ada 356.000 orang, dengan pertumbuhan ekonomi 5% dan penyusutan pegawai pensiun 5-6% per tahun, sehingga ada sekitar 30.000 tenaga kerja baru yang dibutuhkan sektor ESDM setiap tahunnya.

Uji Jalan B30, Kementerian ESDM: Lebih Hemat, Emisi Lebih Bagus

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma