logo


Inilah Fakta-fakta Tentang Insomnia yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Lebih Sering Dialami Oleh Wanita

Berikut ulasannya

11 September 2019 10:42 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 212 x

3. Social jet lag

social jet lag merupakan istilah yang digunakan apabila terdapat perbedaan antara waktu tidur pada hari biasa dibandingkan dengan akhir pekan. semisal pada hari kerja kamu terbangun pukul 06.00 kemudian tidur pukul 22.00. Kemudian tiba-tiba jadwal tidur berubah saat hari libur, maka pada hari Senin kamu akan sulit untuk terbangun seperti hari kerja biasanya. Hal tersebut juga memiliki efek samping yaitu dapat menyebabkan insomnia bahkan obesitas. Untuk menghindari hal tersebut, disarankan untuk tetap menjaga waktu tidur kamu tetap berada diwaktu yang ideal untuk beristirahat.

ilustrasi


Tips Sukses untuk Kamu yang Ingin Mulai Nge-gym

4. Lebih sering dialami oleh wanita

Wanita dua kali lipat lebih berpeluang mengalami insomnia dibandingkan dengan pria. Hormon dan perubahan biologis akibat menstruasi, kehamilan, hingga menopuse yang dialami wanita dapat mengganggu waktu dan kualitas tidur. Penelitian lain juga mengemukakan bahwa wainita memiliki ritme yang diatur 1,7 sampai dengan 2,3 jam lebih cepat daripada pria.

5. Merupakan penyakit psikologis

Jika insomnia terjadi secara terus menerus hal tersebut merupakan pertanda buruk, karena bisa jadi ini merupakan pertanda penyakit psikologis. Meskipun bukan gangguan fisik, namun insomnia dapat mengganggu mental. Insomnia juga dapat terjadi karena perasaan kuatir, gelisah, dan kondisi pikiran lainnya yang mengganggu.

6. Rentan terkena stroke

Orang yang kesulitan tidur atau sulit mengatur waktu tidur, beresiko lebih tinggi terkena stroke, karena istirahat atau tidur itu sangat penting bagi tubuh untuk mengembalikan stamina dan menghilangkan kelelahan fisik. Fisik yang tidak diistirahatkan dan digunakan terus menerus akan rentan terkena berbagai penyakit. Stroke biasanya terjadi ketika aliran darah yang menuju keotak tiba-tiba terhenti.

ilustrasi

7. Meninggal karena insomnia

Insomnia yang terjadi secara terus menerus sangat perlu untuk diwaspadai, karena ternyata insomnia dapat menyebabkan orang meninggal. Kurang tidur membuat penderita merasa lemah, gemetar, dan kesulitan bernafas yang berujung kematian. Selain itu insomnia juga dapat menimbulkan halusinasi. Hal ini juga sering disangkutkan dengan fatal familial insomnia atau penyakit genetik langka yang mencegah seseorang dari tidur.

Insomnia bukanlah kondisi yang tidak dapat disembuhkan. Melakukan relaksasi sebelum tidur, Memadamkan lampu saat ingin tidur juga dapat membuat kamu merasa lebih cepat mengantuk. Jika perlu minum susu manis yang hangat juga akan mempercepat proses mengantuk.

Namun jika insomnia masih saja kerap terjadi pada diri kamu, solusi satu-satunya yaitu dengan berkonsultasi dengan dokter.

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Selamat untuk Pelestarian Ekosistem Laut dan Selamat Tinggal Ilegal Fishing!

Halaman: 
Admin : Raka Kisdiyatma