logo


Selamat untuk Pelestarian Ekosistem Laut dan Selamat Tinggal Ilegal Fishing!

Berikut ulasannya

11 September 2019 09:29 WIB

Keindahan dan kehidupan ekosistem laut yang harus kita jaga
Keindahan dan kehidupan ekosistem laut yang harus kita jaga
dibaca 82 x

Bumi yang merupakan tempat kita tinggal ini terdapat banyak ekosistem yang menjadi tempat atau habitat bagi banyak spesies binatang, tumbuhan dan lain sebagainya. Dari banyaknya ekosistem yang terdapat pada planet bumi ini, terdapat salah satunya yaitu ekosistem laut.

Ekosistem laut menyimpan banyak kekayaan dan juga memiliki pemandangan indah yang menakjubkan. Ekosistem laut sendiri menjadi tempat tinggal atau habitat dari berbagai hewan laut yang terdapat juga mamalia dan tempat tinggal bagi tumbuhan laut serta terumbu karangnya.

Laut yang merupakan ekosistem tempat tinggal hewan seperti ikan dan keindahan terumbu karangnya harus dijaga dengan baik kelestariannya. Kekayaan laut yang sering diambil oleh manusia yaitu ikan. Ikan menjadi salah satu hewan yang paling digemari untuk dikonsumsi oleh kita manusia dan oleh karena itu banyak terjadi penangkapan ikan di laut. Diantara penangkapan ikan dilaut terdapat penangkap ikan yang melakukan penangkapan ikan tanpa izin dari pihak yang berwenang atau bahkan memakai bahan peledak untuk melakukan penangkapan ikan yang dapat merusak ekosistem laut.


Selamat Tinggal Kota Kotor, Aplikasi Siap Tanggap Aksi Bersih Akan Segera Diluncurkan!

Oleh karena itu untuk mencegah dan mengurangi kejadian seperti yang terdapat diatas perlu dilakukan upaya dan solusi yang tepat. Dibuatnya sebuah alat untuk mencegah terjadinya penangkapan ikan illegal baik memakai bahan peledak atau tidak.

Alat tersebut akan diletakkan ditengah laut dengan posisi tertentu. Didalam alat tersebut terdapat sensor yang akan mendeteksi kedatangan kapal laut atau perahu yang mendekat serta mendeteksi getaran yang berlebih sebagai tanda adanya ledaka.

Memiliki jangkauan sensor sejauh beberapa mil yang akan mendeteksi objek padat yang besar sebagai kapal laut atau perahu. Dilengkapi juga dengan kamera untuk lebih akurat. Alat akan mengirimkan sinyal kepada pihak pangkalan laut jika terdeteksi kapal laut ataupun ledakan dan jika kapal laut tersebut tidak dikenali oleh petugas pangkalan lewat kamera.

Sebelumnya penangkap ikan yang memiliki izin akan diarahkan pada titik tertentu untuk menghindari terjadinya kesalahan deteksi. Jika kapal yang memiliki izin terdeteksi hanya pada titik yang dituju dan tidak terdapat objek lain atau kapal laut maka pihak pangkalan tidak akan bereaksi.

Akan tetapi jika terdapat kapal laut lain yang terdapat pada lokasi tersebut yang tidak memiliki izin dan tidak dikenali oleh petugas lewat kamera maka petugas akan menuju lokasi.

Penangkapan ikan illegal dan penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak menjadi sangat merugikan karena dapat merugikan warga dan negara kita serta merusak ekosistem yang ada pada laut. Semoga dengan adanya alat tersebut dapat mengurangi penangkapan illegal dan perusakan ekosistem laut.

Ditulis oleh: Aoban Kaokab Ibrahim

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Manakah yang Lebih Baik? Internet Kabel atau WIFI?

Halaman: 
Admin : Raka Kisdiyatma