logo


Tokoh Papua ke Benny Wenda: Tidak Punya Hak untuk Mengatur Tanah Papua

Abisai menegaskan bahwa NKRI sudah final

10 September 2019 15:52 WIB

Benny Wenda
Benny Wenda Kompas Internasional

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPRD Jayapura, Abisai Rollo menyebut Benny Wenda tidak berwenang ikut campur masalah kedaulatan Republik Indonesia.

"Beliau mungkin sekarang, dari media dikatakan beliau WN Swiss sehingga beliau tidak punya hak untuk mengatur NKRI dan tidak punya hak untuk mengatur tanah Papua karena tanah Papua bagian dari NKRI," ujar Abisai di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (10/9).

Abisai menegaskan bahwa NKRI sudah final.


Tidak Terima dengan Pernyataan Wiranto, Pigai Bilang, "Kalau Kita Tunduk Hidungnya..."

"Saya asli Kota Jayapura, dan kita Indonesia. Kita NKRI harga mati," ujar Abisai.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan keterlibatan Benny dalam kerusuhan Papua. Benny disebut sengaja mendalangi rusuh Papua dengan harapan isu tersebut bida diangkat di forum Komisi Tinggi Hak Asasi Manusia PBB (OHCHR) dan Sidang Majelis Umum PBB pada 23 dan 24 September.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, mengatakan bahwa Benny kehilangan kewarganegaraannya karena sudah lima tahun berada di negara lain tanpa melapor ke otoritas Indonesia. Saat ini Benny berada di Oxford, Inggris. Wiranto mengatakan bahwa Benny saat ini menjadi warga kehormatan Kota Oxford karena telah mendapat permanent resident dari pemerintah Inggris.

"Saat ini mendapatkan permanent resident dari pemerintah Inggris dan diangkat jadi warga kehormatan Kota Oxford, bukan kehormatan Kerajaan Inggris ya, tapi kehormatan dari Kota Oxford," kata Wiranto dalam jumpa pers di gedung Kemenko Polhukam, Kamis (5/9).

Jadi Korban Rasis, Papua Agendakan Meeting dengan Jokowi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×