logo


Tips Sukses untuk Kamu yang Ingin Mulai Nge-gym

Disarankan untuk melakukannya secara bertahap beberapa hari sekali.

10 September 2019 15:07 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 223 x

Bentuk tubuh ideal tentunya sangat diidamkan oleh setiap lelaki. Tentunya hal tersebut bisa didapat dengan berbagai cara salah satunya gym. Tak punya pengalaman nge-gym? Berikut tips nge-gym yang bisa Anda lakukan bagi Anda para pemula agar tidak cedera dan bisa mendapatkan manfaat yang optimal.

1. Mulai secara perlahan-lahan

Karena terlalu percaya diri atau semangat yang tinggi, kamu langsung memulai nge-gym rutin setiap hari. Namun hal tersebut tidak benar dilakukan untuk kamu yang masih pemula.


Celebrity Fitness Luncurkan Olahraga Saltar di Indonesia

Mulai perlahan-lahan. Disarankan untuk melakukannya secara bertahap beberapa hari sekali. Rekomendasi yang dikeluarkan para ahli saat ini adalah melakukannya 2-3 hari per minggu, setidaknya 30 menit per hari. Tapi bagi Anda pemula Anda bisa melakukannya 1-2 hari per minggu.

2. Peregangan

ilustrasi

Jangan lupa melakukan peregangan otot sebelum dan setelah melakukan latihan di gym. Pemanasan dan peregangan akan mengurangi risiko cedera saat berolahraga.

Ketika melakukan pemanasan, Kamu harus meregangkan otot dan menahannya sekitar 15 detik. Dengan itu kamu akan terhindar dari cedera bila melakukannya dengan baik dan benar.

3.  Jangan cuma satu bidang

Saat latihan di gym, kita bisa melakukan aktivitas apapun sesuai dengan target kesehatan dan kebugaran yang ingin dicapai. Sama halnya dengan berolahraga di rumah atau di luar ruangan, Kamu bisa menggabung berbagai bidang olahraga yang kamu sukai. Jadi dalam satu hari, jangan cuma melakukan satu hal yang sama, tapi lakukan bergantian dengan aktivitas lain.

Dan juga saat melakukan latihan, jangan hanya fokus pada satu area tubuh saja seperti lengan atau dada. Beri perhatian yang sama pada semua area tubuh Anda misalnya perut, betis, bahu, punggung, dan sebagainya.

4.  Ketahui berat beban dan cara yang benar menggunakan alat fitness

Kebanyakan orang bingung ketika pertama kali masuk gym, namun kebanyakan dari mereka ini hanya takut bertanya untuk meminta bantuan.

ilustrasi

Di gym ada banyak orang yang akan membantu program fitnes kamu dengan alat-alat yang tersedia, dan dengan bertanya akan membantu kami terhindar dari cedera yang disebabkan oleh kesalahan–kesalahan ketika menggunakan alat-alat tersebut.

Karena malas bertanya, para pemula yang langsung memulai latihan dengan beban paling berat yang bisa mereka angkat. Padahal seharusnya dimulai dari yang paling ringan dulu. Agar tidak cedera dan bisa mendapatkan manfaat yang terbaik dari fitness.

5.  Ketahui kapan waktu untuk beristirahat

Kita perlu istirahat juga untuk mengimbangi waktu olahraga, karena bila tidak ada waktu istirahat, tubuh dan otot tak punya waktu untuk memulihkan diri.

Jika Anda merasa sakit atau nyeri setelah nge-gym (bukan karena cedera), itu baik, karena artinya otot Anda sudah mulai merasakan efeknya. Disarankan untuk tidak menggunakan obat penghilang rasa sakit dan biarkan pulih secara alami.

 

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

5 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Fitness Tracker

Halaman: 
Admin : Vicky Anggriawan