logo


Sering Berpikir Negatif? Hati-hati Penyakit Ini Mengintaimu

Berpikiran negatif memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

10 September 2019 17:30 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sering kita diminta untuk selalu berpikiran positif atau yang baik-baik. Nyatanya, berpikiran negatif memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Apalagi jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama, berpikiran negatif bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Apa saja?

1. Kanker


Ingin Awet Muda? Cukup Konsumsi 3 Makanan Ini

Berpikiran negatif secara konstan atau terus menerus nyatanya bisa memengaruhi komponen otak dengan cara yang tidak sehat. Kondisi tersebut akan memicu pelepasan enzim pada tubuh yang mampu menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

2. Hipertensi

Hipertensi atau penyakit darah tinggi muncul karena dipicu oleh pikiran negatif. Biasanya bersumber pada tingginya tingkat stres yang dialami. Stres yang sudah kronis bisa membuat ritme jantung tidak menentu.

3. Impotensi

Berpikir negatif bisa dapat membuat hormon yang berada di otak menjadi tidak seimbang. Kerusakan hormon tersebut berpengaruh pada gangguan seksual, yakni impotensi. Selain itu, pikiran negatif yang bersifat konstan bisa menyebabkan disfungsi ereksi dan hilangnya libido pada wanita.

4. Gangguan mental

Penelitian mengungkapkan bahwa semakin banyak tekanan emosi negatif yang dirasakan, maka semakin besar risiko depresi yang terjadi. Hal ini dikarenakan stres berkepanjangan akan melepaskan hormon kortisol yang mengganggu keseimbangan otak di hormon. Akhirnya, kondisi ini akan memicu gangguan kesehatan mental, seperti depresi, gangguan bipolar, dan gangguan kecemasan.

5. Maag kronis

Berpikir negatif juga berkaitan erat dengan timbulnya masalah pencernaan. Orang yang sedang berpikiran negatif akan memicu stres dan menyebabkan asam lambung meningkat.

6. Obesitas

Orang-orang yang mengalami stres akibat berpikiran negatif biasanya akan mengabaikan pola makan. Kebiasaan ini tentu saja dapat membuat berat badan meningkat secara drastis.

7. Penyakit jantung

Berpikir negatif saat stres bisa meningkatkan aliran darah dan bisa memengaruhi kerja jantung. Jantung akan berusaha lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan mengakibatkan detak jantung berdegup lebih cepat. Apabila terjadi terus menerus maka bisa menyebabkan jantung mengalami kelainan bahkan kerusakan.

Sering Begadang Bikin Wajah Tambah Jerawatam?

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata