logo


Manakah yang Lebih Baik? Internet Kabel atau WIFI?

Apakah internet kabel akan punah digantikan oleh WiFi? Jawabannya tampaknya masih belum tentu.

10 September 2019 11:12 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 770 x

Di era digital ini semuanya serba dimudahkan, keperluan apapun bisa didapatkan dengan menggunakan ponsel ataupun gadget lainnya. Tinggal mengkoneksi ke internet dan menyelesaikan segalanya pada perangkat tersebut. Karena hal tersebutlah koneksi internet sangatlah penting di zaman sekarang ini.

Seperti yang diketahui bahwa koneksi internet bisa didapatkan dengan dua cara, menggunakan kabel LAN (Ethernet) atau fixed broadband dan cara kedua yaitu dengan WiFi atau nirkabel. Namun dari kedua pilihan diatas terkadang juga muncul pertanyaan, manakah yang lebih baik? Kabel atau WIFI?

Artikel berikut ini akan membahas tentang hal tersebut, simak rangkuman dibawah ini:


Stop Gunakan Wifi Gratis, Bahaya! Rawan Kena Hack

1.  Kecepatan internet kabel lebih stabil

WIFI nyatanya memang lebih mudah dan praktis untuk digunakan. Dan juga tak sedikit anggapan bahwa WIFI lebih baik dari pada internet kabel. Namun hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar.

Misalnya saja ketika kamu berada di dalam ruangan atau bangunan. Kekuatan WiFi biasanya akan menerima gangguan atau interapsi saat banyak benda logam atau dinding yang cukup tebal di sekitar.

ilustrasi

Karena hal tersebutlah tak jarang ketika suatu sinyal WIFI yang diterima oleh router terbaca dengan kecepatan yang tinggi, namun memiliki sinyal yang buruk setelah terkoneksikan kepada perangkat.

Sinyal yang buruk berakibat latensi yang tinggi, dampaknya biasanya terasa koneksi internet menjadi tidak stabil. Semakin kuat sinyal dan kecepatan yang disajikan router umumnya karena harga perangkat tersebut semakin mahal. Perlu diingat, router juga memiliki batas jangkauan sinyal WiFi.

Sementara internet kabel dipastikan kecepatan yang diterima lebih kencang dengan kualitas latensi rendah. Kondisi internet dengan mengandalkan internet kabel atau ethernet ditentukan oleh kondisi dari provider atau penyedia layanan internet.

2. Gamer tidak disarankan menggunakan WiFi

ilustrasi

Untuk hal yang satu ini sudah tak menjadi hal yang awam bagi Gamer professional. Latensi tinggi berakibat angka ping yang tinggi akan berakibat game tersendat atau lag bahkan disconnect. Hal ini sangat dihindari oleh mereka yang bermain game FPS atau MOBA atau game online multiplayer.

Tidak bermain game tapi gemar mengakses konten streaming juga sangat dianjurkan mengandalkan koneksi internet kabel. Apabila kamu melakukan streaming konten kualitas resolusi 4K, maka internet harus sangat stabil. Penggunaan internet kabel sangat disarankan untuk kamu yang aktif dalam kegiatan ‘online’ seperti diatas.

3. Port Internet Kabel Jarang Tersedia di Perangkat

ilustrasi

Tren desain perangkat yang tipis baru-baru ini membuat beberapa fitur yang cukup penting pada perangkat kamu yang kemudian dihilangkan, seperti audio jack pada smartphone. Hal ini juga terjadi pada port LAN atau Ethernet yang ikut dihilangkan untuk menjaga kesan ‘simpel’. Jadi terpaksa fitur ini hanya ada di beberapa perangkat tertentu yang memang membutuhkan koneksi internet stabil menggunakan kabel atau Ethernet.

Apakah internet kabel akan punah digantikan oleh WiFi? Jawabannya tampaknya masih belum tentu.

Namun sekali lagi tidak ada paksaan untuk menggunakan internet kabel atau ethernet, tapi hanya menganjurkan. Alasannya tidak semua perangkat teknologi atau eletronik saat ini memiliki port LAN atau Ethernet.

Jadi bagaimana menurutmu? Mana yang lebih baik?

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Gawat! Sering Gunakan WiFi Bisa Memicu Masalah Kesuburan Hingga Penyakit Jantung

Halaman: 
Admin : Vicky Anggriawan