logo


Pesan Penting SBY untuk Jokowi - Ma'ruf, Harus Didengarkan

SBY menitipkan tiga nilai kehidupan. Apa saja?

9 September 2019 21:39 WIB

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menitipkan tiga nilai kehidupan, baik sosial, ekonomi dan politik agar menjadi agenda dalam pemerintahan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) lima tahun mendatang 2019-2024.

"Saya menitipkan harapan ke presiden Jokowi beserta jajaran pemerintahan yang mereka pimpin agar kiranya materi kontemplasi saya dapat melengkapi agenda dan kebijakan yang akan diambil," kata SBY dalam sambutannya di acara 70 Tahun SBY, di Puri Cikeas, Gunungputri, Kabupaten Bogor, dilansir dari BeritaSatu, Senin (9/9).

Baca juga: Rayakan Ultah ke-70, SBY: Berbarengan dengan Rasa Haru dan Duka


Rayakan Ultah ke-70, SBY: Berbarengan dengan Rasa Haru dan Duka

Presiden ke-6 Indonesia itu menyampaikan dalam pidatonya, tiga nilai yang ia sebut kontemplasi kehidupan. Tiga nilai itu mencakup nilai sosial, ekonomi, dan politik. Ketiga nilai itu, ia dapatkan dalam perjalanan panjangnya sebagai masyarakat sipil atau pun sebagai pemimpin militer atau negara.

Nilai sosial yang ia titipkan, yaitu bagaimana membangun masyarakat dan bangsa yang saling mengasihi dan memperkuat rasa persaudaraan.

Dalam bidang ekonomi, yaitu ekonomi Indonesia harus makin tumbuh dan berkelanjutan. Syaratnya, semua bangsa harus bersama-sama berusaha agar ekonomi menjadi berkeadilan.

"Kalau semua makmur rasa keadilan akan ada. Yang miskin makin berkurang dan ketimpangan tidak makin menganga yang kaya ingat yang miskin yang kuat ingat yang lemah," kata dia.

Terakhir, pesan SBY kepada Jokowi dalam bidang politik. Kata dia bagi bangsa yang majemuk seperti Indonesia, nilai-nilai politik tetap harus dijaga. Demokrasi dengan sistem multipartai harus tetap meneduhkan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Namun demikian, ia menyadari, membangun sebuah negara dan bangsa yang baik merupakan sebuah proses yang berkesinambungan dari generasi ke generasi dan dari pemimpin yang satu dengan yang lainnya.

SBY: Saya Menitipkan Harapan Kepada Bapak Presiden Jokowi

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu