logo


Sri Mulyani Beberkan Pegawai Kemenkeu yang Tak Mengerti soal APBN

Padahal, ruang lingkup tugas Kemenkeu selama ini terkait dengan pengelolaan keuangan negara.

9 September 2019 21:01 WIB

Menteri Keuangan, Sri Mulyani
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Kemenkeu

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut masih ada pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang tidak mengerti APBN. Padahal, ruang lingkup tugas Kemenkeu selama ini terkait dengan pengelolaan keuangan negara.

Menkeu mengetahui hal tersebut setelah melihat langsung di media sosial ada sejumlah pegawai yang keliru memahami APBN.

Baca juga: Sri Mulyani Blak-blakan soal Anggaran Kesehatan, Capai Ratusan Triliun


Bos Taksi Malaysia Tuding Pemerintah RI Penyebab Kemiskinan, Kemkominfo Angkat Bicara

"Saya melihat di lingkungan Kemenkeu, melalui sosial media ada saja yang berujar bahwa yang bersangkutan menunjukan bahkan tidak paham mengenai APBN dan keuangan negara," katannya saat melantik pejabat eselon II Kemenkeu di Jakarta, Senin (9/9).

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu menilai ada dua alasan mengapa hal ini masih terjadi. Pertama, masih ada ego sektoral antara direktorat jenderal (ditjen) Kemenkeu sehingga si pegawai enggan memahami kebijakan fiskal secara menyeluruh.

"Mereka (pegawai) biasanya kerja dalam satu kotak-kotak, kadang-kadang untuk membaca APBN dan fungsinya kepada perekonomian itu tidak sering dimasukkan," ujar dia.

Faktor kedua, kata dia, proses rekrutmen pegawai melibatkan calon dari beragam disiplin. Bagi yang bukan latar belakang ekonomi atau keuangan bisa kesulitan mengerti APBN.

"Bahkan dari STAN pun mereka tidak mendapatkan pelajaran ilmu ekonomi dasar, apalagi masuk kepada fiscal policy," katanya.

Menkeu meminta seluruh pejabat Kemenkeu, terutama eselon I dan II, memberikan pemahaman APBN kepada seluruh pegawai. Diharapkan, sinergi antar ditjen bisa berjalan dengan baik.

Stasiun MRT Jakarta Bakal Dilengkapi Perpustakaan

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu