logo


Hari Pertama Sistem Ganjil Genap, Kendaraan Kena Tilang Nyaris Tembus 1.000

Perluasan sistem ganjil genap resmi berlaku hari ini, Senin (9/9).

9 September 2019 16:31 WIB

Petugas kepolisian memberikan surat tilang kepada pengendara sepeda motor yang melakukan pelanggaran.
Petugas kepolisian memberikan surat tilang kepada pengendara sepeda motor yang melakukan pelanggaran. Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Peraturan ganjil genap telah resmi berlaku di 25 titik Jakarta mulai hari ini. Hingga siang tadi, jumlah pengendara yang ditilang nyaris menyentuh angka 941 kendaraan, bukan tidak mungkin jumlah ini akan terus bertambah.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Muhammad Nasir mengungkapkan tilang dilakukan oleh sejumlah satuan tugas, yaitu Subdit Gakkum, Satuan Patroli dan Pengawal dan Satuan Gatur.

Baca juga: Ramai #bubarkanKPAI, KPAI: Saya Tidak Mengerti Logikanya ke Mana?


Anies Dorong Warga Gunakan Sepeda untuk Transportasi

"Total keseluruhan tilang ganjil genap sebanyak 941. Penilangan 617 Surat Izin Mengemudi (SIM) dan 324 Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)," ujar Nasir sebagaimana dikutip dari iNews, Senin (9/9).

Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan terus memantau perkembangan penerapan aturan ganjil-genap nomor pelat kendaraan di sejumlah jalanan Ibu Kota. Seiring kebijakan ini, Anies akan menambah jumlah transportasi umum agar warga Jakarta beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum dalam beraktivitas.

Dia tidak mengungkapkan berapa jumlah transportasi umum yang akan ditambah. Menurutnya, kenyamanan dan jangkauan transportasi umum menjadi perhatian utama.

"Sehingga naik kendaraan umum jadi sesuatu yang meringankan bagi masyarakat," kata Anies di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Senin (9/9).

Stasiun MRT Jakarta Bakal Dilengkapi Perpustakaan

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu