logo


Gerinda Pertanyakan Keaslian Mobil Esemka, Istana Jawab, "di Mana Masalahnya Mobil Ini?"

Simak berita selengkapnya

8 September 2019 15:02 WIB

Presiden Joko Widodo mencoba mobil Esemka bernama Bima di pabrik perakitan Esemka, Boyolali, Jumat (6/9).
Presiden Joko Widodo mencoba mobil Esemka bernama Bima di pabrik perakitan Esemka, Boyolali, Jumat (6/9). Instagram @jokowi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tenaga Ahli Kanto Staf Kepresidenan, Ali Mochtar Ngabalin menjawab keraguan politisi Partai Gerindra, Andre Rosiade yang mempertanyakan keaslian dari mobil Esemka.

"Apakah ini produksi dalam negeri atau merakit mobil dari Tiongkok tetapi diberi merek Esemka? Ini patut dipertanyakan," kata Andre melalui keterangannya, (7/9).

Baca Juga: Mobil Esemka Dikira Jiplak Mobil China, Netizen: Gakpapa, Toh Hidup Ini Menang Harus Jiplak


Soal Mobil Esemka, Sandiaga: Mobil Harus Terus Diservis....

Soal Mobil Esemka, Sandiaga: Mobil Harus Terus di Servis....

Ngabalin justru heran dengan pernyataan dari Gerindra tersebut. Menurutnya, kegiatan produksi mobil tersebut tak ada sangkut pautnya dengan China.

"Apa permasalahannya sehingga meresahkan Gerindra dan Andre Rosiade?" ucap Ngabalin yang telah diwartakan Kumparan.com (7/9).

Ini mengatakan pabrik mobil Esemka,  yakni PT Solo Manufaktur Kreasi merupakan perusahaan 100 persen milik putra Indonesia. Di mana tenaga kerjanya dari lulusan SMK.

UAS Sebut Penonton Drama Korea Kafir, Netizen: Semangat Terus Tadz, Supaya Tetep Eksis

"Jangan lupa, kata Pak Presiden bahwa frame komponen dasar mobil Esemka itu dilakukan oleh anak-anak Indonesia kedua PT Solo Manufaktur Kreasi itu perusahaan swasta 100 persen anak Indonesia," kata Ngabalin.

"PT Solo Manufaktur Kreasi menyerap tenaga kerja dari adik-adik alumni kita SMK. Karena itu maka presiden memberi dorongan penuh kepada perusahaan-perusahaan swasta yang 100 persen dalam negeri untuk terus mengembangkan kreasi mereka dalam mengembangkan produk-produk industri otomotif di tanah air," tukasnya.

Mobil Esemka Dikira Jiplak Mobil China, Netizen: Gakpapa, Toh Hidup Ini Menang Harus Jiplak

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata