logo


Ruki Bantah Tudingan soal Revisi UU KPK, DPR: Aneh

Desmond J Mahesa, heran kepada mantan Plt Ketua KPK, Taufiequrrachman Ruki yang membantah pimpinan KPK pada periodenya mengusulkan Revisi UU KPK.

8 September 2019 10:48 WIB

Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Mahesa.
Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Mahesa. Dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi III DPR Fraksi Partai Gerindra, Desmond J Mahesa, heran kepada mantan Plt Ketua KPK, Taufiequrrachman Ruki yang membantah pimpinan KPK pada periodenya mengusulkan Revisi UU KPK. Desmond menyebut semua usulan KPK tertuang dalam arsip dokumen rapat dengar pendapat bersama Komisi III.

"Itu kan mereka yang mau ada dewan pengawas, mau ada pengaturan tentang SP3, mau ada pengaturan tentang semua, ini yang hari ini tidak diakui oleh Ruki dan ini dianggap melemahkan KPK padahal ini jawaban KPK pada saat rapat dengan pertanyaan yang dikirim Komisi III dengan KPK 2015, jadi ini yang aneh gitu loh," kata Desmond kepada wartawan, Minggu (8/9).

Desmond juga mempertanyakan sikap pimpinan KPK yang tidak ingin DPR memilih dewan pengawas KPK. Padahal, menurut Desmond, komisioner KPK sendiri dipilih oleh DPR.


Andre Rosiade Pertanyakan Mobil Esemka Asli Buatan Indonesia atau Tiongkok

"Nah habis itu dalam tanggapan pimpinan KPK, mereka tidak ingin DPR yang milih dewan pengawas itu, kan aneh, yang membuat UU KPK DPR, yang memilih DPR, tiba-tiba DPR jadi, aneh, kan lucu," ujar Desmond.

"Nah yang lebih lucu lagi ada apa mereka itu menolak, gitu loh, apakah ini dalam rangka penegakan hukum atau istilah Pak Jokowi dibangun sistem atau mereka tidak mau ada sistem, karena mereka di situ dirugikan," sambung dia.

Sebelumnya, mantan Plt Ketua KPK, Taufiequrrachman Ruki membantah tudingan anggota Komisi III DPR, Arsul Sani yang menyebut pimpinan KPK pada periodenya sebagai inisiator revisi UU KPK. Ruki menegaskan kala itu, justru pihaknya tak setuju revisi UU KPK.

"(Surat itu) ditandatangani kami berlima. Tidak cuma Taufik sendiri, tapi lima pimpinan. Apa jawaban kami terhadap surat itu? Pertama pada prinsipnya kami pimpinan KPK tidak setuju keinginan beberapa anggota DPR untuk merevisi UU KPK," kata Ruki kepada wartawan, Sabtu (7/9).

Ruki Bantah Tudingan Arsul Sani soal Revisi UU KPK

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu