logo


Anies Dorong Warga Gunakan Sepeda untuk Transportasi

"Kami ini sekarang mendorong penggunaan sepeda sebagai alat transportasi, bukan sekadar alat olahraga. Yang sangat menonjol saat ini, sepeda sebagai alat olahraga," kata Anies.

8 September 2019 08:59 WIB

Anies Baswedan ungkapkan penyesalannya di pelantikan Wali Kota baru Jakarta Utara, selasa (3/9).
Anies Baswedan ungkapkan penyesalannya di pelantikan Wali Kota baru Jakarta Utara, selasa (3/9). Detik News

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah mendorong agar sepeda menjadi alat alternatif transportasi masyarakat di ibu kota. Menurut dia, masyarakat masih menganggap sepeda hanya sebatas alat olahraga.

"Kami ini sekarang mendorong penggunaan sepeda sebagai alat transportasi, bukan sekadar alat olahraga. Yang sangat menonjol saat ini, sepeda sebagai alat olahraga," kata Anies, Sabtu (7/9).

Dia sendiri sudah mulai mempraktikkan penggunaan sepeda sebagai alat transportasi. Dalam sepekan terakhir mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu tampak bersepeda menuju Balai Kota.


Soal Revisi UU KPK, DPR Akan Tunduk Jika Jokowi Lakukan Hal Ini

Tak hanya itu, ia juga menggunakan sepeda untuk memantau beberapa kawasan di ibu kota. Anies mengabadikan momen itu di akun instagram pribadinya @aniesbaswedan. Ia mengaku bersepeda bukan hal baru baginya.

"Sepeda yang saya gunakan adalah sepada pada saat saya masa kuliah. Dari dulu pun saya memang bersepeda, cuma biasanya ketika bersepeda saja, kalau sekarang bersepeda karena ada pekerjaan," tuturnya.

Guna mendorong masyarakat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi, ia mengaku Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan membangun lebih banyak tempat parkir sepeda. Selain itu, dia juga akan menginstruksikan semua kantor Pemprov DKI Jakarta untuk menyiapkan kamar mandi khusus yang menyediakan ruang bilas bagi pengguna sepeda.

"Hari ini yang punya kamar mandi adalah pejabat, jadi yang naik sepeda adalah pejabat tinggi karena punya kamar mandi. Atau kalau di swasta yang top eksekutif. Karena itu yang naik sepeda akhirnya yang posisi pangkatnya tinggi padahal sepeda itu harusnya untuk siapa saja. Jadi itu yang kami akan dorong," tuturnya.

Ruki Bantah Tudingan Arsul Sani soal Revisi UU KPK

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu