logo


Mimpi India untuk Menjelajah Bulan Harus Kandas

Chandrayaan 2 kehilangan kontak setelah mendarat di bulan.

7 September 2019 16:52 WIB

Pesawat Roket NASA Space Shuttle
Pesawat Roket NASA Space Shuttle space.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mimpi India untuk menjelajah sisi jauh bulan harus kandas. Pasalnya, robot penjelajah wahana pendaratan (lander) Vikram kehilangan kontak dengan Indian Space Research Organization (ISRO) sesaat akan melakukan pendaratan di Bulan.

Mengetahui hal itu, Perdana Menteri India Narendra Modi mencoba menguatkan para ilmuwannya yang sudah berjuang keras.

Kejadian tersebut langsung diinformasikan oleh Chairman ISRO Kailasavadivoo Sivan.


Motorola Rilis Smartphone Baru dengan 4 Kamera Belakang

"Penurunan lander Vikram sudah sesuai rencana dan performanya normal sampai ketinggian 2,1 kilometer. Di saat yang sama, komunikasi hilang. Datanya masih dianalisis," ujar Sivan.

Peristiwa tersebut tentu meruntuhkan semangat para ilmuwan yang sudah susah payah berupaya membawa India jadi negara keempat setelah Amerika Serikat, Rusia, dan China dalam misi mendaratkan wahana di Bulan.

Modi yang juga menyaksikan langsung detik-detik pendaratan hingga hilangnya kontak berupaya menghibur dan menguatkan ilmuwannya.

"Saya berada di momen bersama kalian ketika komunikasi dengan wahana hilang kontak. Keberanian kita semakin kuat. Determinasi untuk menyentuh Bulan semakin kuat. Pelajaran dari hari ini akan menguatkan kita dan lebih baik," tutur Modi.

Lebih lanjut lagi, Modi mengatakan untuk saat ini memang bukan jadi miliknya India terkait mengukir sejarah di dunia antariksa. Tetapi kegagalan itu takkan mengurangi India untuk menjalankan misi Bulan di masa mendatang.

"Saya salut kepada para ilmuwan terkait program luar angkasa kita. Dengan bangga saya dapat mengatakan bahwa upaya itu sepadan dan begitu pula perjalanannya. Kita akan capai skala kesuksesan yang baru. Kepada ilmuwan semuanya, saya katakan, India bersama Anda! Anda adalah profesional yang luar biasa dengan kontribusi yang luar biasa bagi kemajuan negara," tuturnya seperti diwartakan INETDetik.

Tinggal Selangkah Lagi, India Bakal Terbangkan Pesawat Sendiri ke Bulan

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu