logo


Hari Kedua SIPA 2019, Dimeriahkan Penampilan dari Solo Hingga Korea Selatan

SIPA 2019 dimeriahkan oleh sembilan seniman nasional dan internasional

7 September 2019 10:23 WIB

Jadwal SIPA 2019 hari kedua
Jadwal SIPA 2019 hari kedua Instagram @sipafestival

SOLO, JITUNEWS.COM - Di hari kedua Solo International Performing Arts (SIPA) 2019 pada Jumat (6/9) berlangsung meriah. Di hari kedua, SIPA 2019 dimeriahkan oleh sembilan seniman nasional dan internasional.  

Penampilan pertama dibuka oleh delegasi dari Taiwan, yakni Century Contemporary Dance Company. Mereka menampilkan tarian Le Sacre du Printemps yang diangkat dari karya The Rite of Spring.

Penampilan selanjutnya dari Padepokan Seni Budaya Duta Seni Krakatau Steel yang berasal dari Cilegon. Mereka membawakan Tari Bakale yang menceritakan tiga tahap ritual perjalanan Ngawalu, Ngalaksa, dan Seba dengan mengambil dasar gerak tradisi yang dikemas menajdi sebuah komposisi tari.


Usung Tema Arts as a Social Action, SIPA 2019 Jadi Jembatan Persahabatan Antar Daerah dan Negara

Selanjutnya, penampilan dari Korea Selatan yakni HIMASK. HIMAS merupakan pertunjukan topeng non verbal yang memperkenalkan penonton pada budaya topeng. Penampilan ini mewakili  budaya tradisional dari berbagai belahan dunia seperti “Topeng Hahoe” Korea, “Diablo” Amerika Selatan, “Krampus” dari Eropa Utara, dan “Cham” dari Tibet.

Setelah penampilan dari Korea Selatan, kali ini penampilan dari Labor Seni Terasuluh yang berasal dari Aceh dengan menampilkan karya berjudul Voices Inside.

Karya tersebut terinspirasi dari peristiwa penolakan masyarakat Aceh atas isu berdirinya tambang emas di Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

Penampilan kelima diisi oleh Yamato Dance Unit dari Jepang. Mereka membawakan tarian yang menanyakan pada diri sendiri tentang mimpi yang akan hilang.

Resmi Dibuka, SIPA 2019 Hari Pertama Berlangsung Meriah

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata