logo


Tinggal Selangkah Lagi, India Bakal Terbangkan Pesawat Sendiri ke Bulan

India akan segara mencetak sejarah baru dalam penjelajahan bulan.

6 September 2019 18:58 WIB

Pesawat Roket NASA Space Shuttle
Pesawat Roket NASA Space Shuttle space.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - India tinggal selangkah lagi akan mencetak sejarah dalam misinya menjadi negara superpower di antariksa. Misi pesawat luar angkasa Chandrayaan 2 sudah siap untuk mendarat di permukaan Bulan yang jika berhasil, adalah sesuatu yang luar biasa.

Perlu diketahui, bahwa selama ini baru Amerika Serikat, China dan Rusia yang pernah mendaratkan wahana di Bulan. Apalagi yang disasar India adalah sisi jauh Bulan di mana hanya China yang mendaratkan rover di sana.

Baca juga: Motorola Rilis Smartphone Baru dengan 4 Kamera Belakang


Besok, Samsung Galaxy Fold Akan Dirilis

Dilansir dari laporan INETdetik, Jumat (6/9), Chandrayaan 2 yang berarti kendaraan Bulan dalam bahasa Sanskerta diterbangkan dari fasilitas Satish Dhawan Space Center di Andhra Pradesh pada 22 Juli. Pertengahan Agustus, ia berhasil mengorbit di satelit Bumi tersebut. Dan 7 September waktu setempat, beberapa jam dari sekarang, ia direncanakan menyambangi permukaan Bulan.

Chandrayaan-2 akan mendarat di Kutub Selatan yang belum pernah dijelajahi, untuk mencari bukti adanya air dan mineral serta mengukur gempa Bulan. Ia membawa tiga bagian yaitu orbiter, lander dan sebuah rover. Lander akan membawa rover bernama Praygan menuju di permukaan Bulan.

Misi ini berbiaya hemat, hanya USD 145 juta atau lebih rendah dari biaya pembuatan film Avengers: Endgame. Akan tetapi keberhasilannya membuktikan ilmuwan India mampu menjelajah angkasa secara mandiri.

"Hal ini adalah pertanda kemajuan cepat yang dibuat oleh negara ini dalam bidang sains dan teknologi," tandas Wakil Presiden India, M. Venkaiah Nandu.

Motorola Rilis Smartphone Baru dengan 4 Kamera Belakang

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu