logo


Sekarang Memonitor dan Memanajemen Kesehatan Lebih Mudah dengan Bantuan IoT

berikut ulasannya

7 September 2019 05:00 WIB

sumber : https://www.initialboard.com/ide-project-untuk-internet-of-things
sumber : https://www.initialboard.com/ide-project-untuk-internet-of-things
dibaca 913 x

Perkembangan teknologi IoT ini dala bidang kesehatan yang dikombinasikan dengan (Artificial Intelligence) AL memiliki peranan penting mulai dari proses pembuatan data, hingga pemrosesan dan analisa. Tujuan utama dari teknologi pelayanan kesehatan ini untuk menghubungkan dokter dengan pasien melalui perangkat pintar yang bekerja dengan baik.

Teknologi ini memungkinkan keadaan pasien menjadi jauh  lebih baik dan membantu kerja dokter mencapai diagnosis yang lebih baik dan lebih cepat. Selain itu teknologi IoT ini sangat membantu untuk mengurangi biaya perawatan kesehatan sehingga terjangkau untuk cangkupan penduduk yang lebih luas.

Skema Monitoring Kesehatan Berbasis IoT


Sulit Dapat Cuti? Simak Tips Liburan Singkat tapi Berkesan

Pada gambar implementasi di atas perangkat ini terhubung dan terpantau untuk kesehatan pasien, mengambil pembacaan, mengamati pola dan mewaspadai ketika ada ketidaksempurnaan dalam pola (indikasi yang terjadi di tubuh pasien atau memburuknya keadaan pasien).

Nah gateway di sini, untuk aplikasi IoT dengan manajemen jarak jauh dan konektivitas wireless, ini membantu pemrosesan agregasi data dan transfer data yang sempurna di lakukan dengan (machine two machine ). Aplikasis web dan  seluler ini di kembangkan untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit, dokter, pasien, laboratorium dan pelayanan lainnya. Router di sini digunakan untuk mengumpulkan data dan kemudian mengunggahnya ke repositori pusat  yang di dedikasikan untuk pengumpulan data.

Integrasi M2M menggunakan sensor untuk berkomunikasi yang berarti sistem ini dapat memntau diri mereka sendiri dan secara otomatis menanggapi perubahan lingkungans yang terjadi. Melalui platform M2M data yang dikumpulkan di simpan di cloud yang akan di analisis dan di periksa polanya.

Teknologi ini sangat memudahkan pasien jika seorang pasien membuat janji dengan dokter pada hai tertentu perngakat yang di gunakan oleh pasien secara otomatis akan mengingatkannya. Sama hal nya dengan obat-obatan juga seperti itu pasien tidak harus mengingat kapan mereka harus meminum obatnya, tinggal semua perangkat yang dikenakan lebih jagonya lagi perngakat ini akan mengingatkan pasein untuk mengambil obat dengan memberikan pengingat dan peringatan jadi kita tidak perlu khawatir jika akan lupa meminum obat.

Sistim monitoring berbasis IoT ini juga di gunakan untuk pintu rumah sakit dengan menggunkaan penghubung (gateway) anatara jaringan sensor dan penghubung yang berfungsi untuk menerjemahkan jaringan sensor. Gateway memiliki seluruh data yang akan dikirimkan melalui internet. Pemanfaatan teknologi IoT ini meningkatkan sistim secara keseluruhan, hemat energi, meningkatkan keamanan dan kehandalan. Jadi begitu banyak manfaat dengan penggunaan teknologi IoT ini baik untuk pasien, dokter, laboratorium dan pelayanan rumah sakit lainnya.

 

(Wira Wahyu Aziz, Ridwan Siskandar)

 

Ditulis oleh: wirawahyu aziz

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Ayanaz Gedong Songo, Tempat Wisata yang Instagramable di Semarang

Halaman: 
Admin : Raka Kisdiyatma
 
×
×