logo


Tanpa Bantuan Alarm, Kamu akan Lebih Mudah Bangun Pagi dengan 5 Tips Ini

5 tips berikut ini akan menjauhkanmu dari ketergantungan alarm 

6 September 2019 15:31 WIB

wake up early
wake up early blibi.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Alarm pagi memang menjengkelkan bagi sebagian orang. Bagi kebanyakan orang yang tidak bisa bangun pagi, alarm dirasa sangat membantu. Namun, seringkali alarm menjadi tak berfungsi lantaran sering di-snooze oleh para penggunanya. Padahal, bangun pagi sangat baik untuk kesehatan, kebahagiaan dan produktivitas sehari-hari.

Berikut ini akan disediakan tips-tips agar kamu mudah bangun di pagi hari.

1. Hindari makan terlalu banyak saat malam hari


Cara Merawat Jaket Kulit Dengan Benar

Kalau kamu sedang dalam diet sehingga tidak makan di malam hari, maka akan sangat membantumu untuk bangun lebih cepat di pagi hari. Makan terlalu banyak yang berujung kekenyangan memang membuat kita lebih mudah mengantuk sehingga dapat tertidur lebih awal. Namun, sebaiknya hindari hal tersebut karena akan mengakibatkan perutmu buncit. Perut yang diisi tidak terlalu banyak makanan atau malah kosong, akan semakin mempermudah proses metabolismu di pagi hari. Rasa lapar di pagi hari karena perutmu yang kosong semalaman juga menjadi alasan tepat untukmu bangun pagi dan mencari atau membuat sarapan.

2. Tidur lebih cepat

Tidur malam hari sebaiknya di rentang 20:30-23:00 WIB. Bila memang mata sulit terpejam, cobalah matikan lampu kamar atau gunakan nyala lampu yang remang-remang. Hindari bermain hp. Bila masih belum bisa, cobalah menonton serial televisi atau film sembari bebaring di tempat tidur. Mata akan memejam sendirinya. Hal ini dikarenakan reaksi tubuh yang hanya bebaring sambil menonton film atau televisi.

3. Produktif di siang hari

Bila kamu justru bermalas-malasan di pagi hari karena hawa dingin atau buaian hangat selimut, sudah bisa dipastikan kamu akan begadang malam sampai dini harinya. Cobalah untuk lebih aktif di pagi hingga siang atau sore hari. Lelahnya tubuh di malam hari setelah aktifitas siang hari akan membuat mata lebih mudah terpejam.

4. Nikmati suasana pagi

Ketika pagi hari, cobalah untuk menghirup udara sejuk yang belum terkontaminasi oleh asap kendaraan. Berjalan atau bersepeda sambil menikmati pagi akan membuatmu candu untuk selalu bangun pagi. Indahnya sunrise juga bisa menjadi alasan yang tepat untukmu agar selalu bangun pagi.

5. Mempunyai target atau planning

Mempunyai target atau planning yang harus diselesaikan akan memudahkanmu bangun di pagi hari. Pasalnya hal ini akan membuatmu lebih semangat sehingga ingin segera beranjak dari tempat tidur.

Setelah 5 tips di atas berhasil terlaksanakan, kamu pun tak akan lagi membutuhkan bantuan alarm. Good luck!

Berterimakasihlah, 3 Hal Menyakitkan Ini Akan Membentuk Kepribadianmu Jauh Lebih Baik

Halaman: 
Penulis : Aldila Arin