logo


Airlangga Sebut Esemka Bisa Gerakkan Perekonomian Daerah

Pemerintah akan membantu memaksimalkan pengembangan industri komponen lokal untuk mendukung produksi mobil

6 September 2019 12:03 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. dok. Kemenperin

BOYOLALI, JITUNEWS.COM - Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto menilai bahwa keberadaan pabrik perakitan mobil Esemka di Boyolali bisa menggerakkan perekonomian daerah, terutama di sektor komponen lokal. Airlangga sendiri menyambut positif peresmian pabrik Esemka.

"Tentunya positif untuk mobil dengan harga di bawah Rp200 juta," kata Airlangga di Pabrik mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9).

Menurutnya, mobil niaga ringan yang menjadi produk perdana Esemka bisa dimanfaatkan masyarakat di berbagai sektor. Mulai dari angkutan barang atau menjadi angkutan penumpang.


Tiba di Pabrik Esemka, Jokowi Akan Lakukan Peresmian

"Pasar di daerah masih terbuka, apalagi dengan harga yang kompetitif," tuturnya.

Menurutnya, adanya pabrik perakitan mobil juga akan membuka peluang bagi industri komponen lokal untuk berkontribusi. Airlangga menyebut Esemka sudah bekerja sama dengan banyak industri komponen.

"Pabrik perakitan mobil Esemka tentunya membutuhkan supplier komponen. Dan saya rasa industri komponen lokal mampu untuk memenuhinya," katanya.

Airlangga mengatakan bahwa pemerintah akan membantu memaksimalkan pengembangan industri komponen lokal untuk mendukung produksi mobil.

"Ini juga berlaku untuk produk lainnya. Tentu sebagai bagian dari upaya mengejar target ekspor 1 juta unit pada 2025," tuturnya.

Diluncurkan, Ini Bocoran Harga Mobil Esemka

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata