logo


Sudah Ada Alat Canggih, Mengapa Kebakaran Hutan Masih Terjadi?

Berikut ulasannya

6 September 2019 01:46 WIB

Kebakaran hutan yang masih  terjadi di Indonesia
Kebakaran hutan yang masih terjadi di Indonesia
dibaca 142 x

Telah menjadi cerita klasik kebakaran laham gambut di Indonesia.

Tentunya musim kemarau panjang menjadi salah satu faktor terjadinya kebakaran ini. Akan tetapi latar belakang terjadinya kebakaran ini belum tentu dari faktor alam saja, hampir 99% terjadinya kebakaran hutan lahan gambut ini dipelopori oleh ulah manusia. Hal ini disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana ( BNPB ) dalam portal online nya brg.go.id.

Ada beberapa kegiatan yang dibuat manusia baik disengaja maupun tidak. Disengaja seperti membuka lahan baru dan ada kegiatan yang khusus dibayar untuk membakar hutan tersebut. Tentunya hal ini memiliki permasalahan utama yakni factor ekonomi yang terjadi di masyarakat.


Kerap Alami Pertanda Ini? Bisa Jadi Tuyul Sedang Berkeliaran di Rumah Kamu

Untuk menunjang hidup masyarakat biasanya membuka lahan untuk menanam kopi, lada dan sebagainya. Kegiatan manusia yang tidak disengaja bisa saja ada beberapa orang yang suka membuang puntung rokok dan membuang sampah di lahan gambut tersebut sehingga menjalar luas dan akhirnya mengakibatkan kebakaran hutan yang luas.

Kebakaran yang terjadi tentunya telah ditanggapi secara serius oleh pemerintah, berbgai upaya telah dilakukan.

Seperti melakukan bom air untuk lahan yang telah terbakar juga ada penanganan pencegahan dan pengawasan menggunakan teknologi terkini.

Badan Restorasi Gambut ( BRG ) dengan bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana ( BNPB ) mengembangkan teknologi monitor lahan gambar secara realtime dan bisa diakses melalui android. Dengan alat yang memiliki sensor Tinggi Muka Air ( TMA ), curah hujan, kelembapan tanah gambut, arah dan kecepatan angin, suhu dan kelembapan udara.

Merinding! Ini Mitos Tali Pocong yang Bikin Heran

Halaman: 
Admin : Raka Kisdiyatma